Memasuki Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pertamina Jamin Stok Ketersediaan BBM di Seluruh Indonesia Dengan Membentuk Satgas Nataru

Sunday, 17 December 2023
Memasuki Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pertamina Jamin Stok Ketersediaan BBM di Seluruh Indonesia Dengan Membentuk Satgas Nataru
Memasuki Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pertamina Jamin Stok Ketersediaan BBM di Seluruh Indonesia Dengan Membentuk Satgas Nataru

Jakarta, indonesiatoday.co.id – Memasuki masa libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 PT Pertamina (Persero) sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk menjamin ketersediaan BBM bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Periode Satgas Nataru Pertamina yakni sejak 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Mengutip data dari Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan masyarakat selama libur Nataru 2023-2024 diprediksikan mencapai 107,63 juta orang.

Rinciannya, sekitar 87,19 juta orang melalui jalur darat, 13,38 juta orang menggunakan jalur udara/pesawat, serta 10,64 juta orang menggunakan jalur laut/kapal.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan, bahwa Satgas Nataru bertugas di seluruh lini operasional. Mulai dari hulu, pengolahan, hingga hilir.

Baca Juga: Menu Andalan Pemadam Kelaparan Malam, Resep Nasi Goreng Merah ala Chef Devina Hermawan Praktis dan Enak Rasanya, Dijamin Anak-anak Bakal Ketagihan

Tidak hanya itu, Pertamina juga berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat serta Daerah, BUMN lain, serta TNI dan Polri untuk memastikan distribusi BBM berjalan dengan aman dan lancar.

“Satgas Nataru akan bekerja mulai 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. Pertamina siaga 24 jam untuk menjamin pasokan energi dan menjaga kelancaran distribusi energi dengan dukungan dan kerja sama dengan instansi terkait,” ujar Fadjar seperti dikutip SudahBaca dari laman resmi Pertamina.

Di sisi hulu, tambah Fadjar, melalui PT Pertamina Hulu Energi bersama anak usahanya terus menjaga produksi migas sesuai dengan target.

Hasilnya produksi hulu migas mencapai 1.044 MBOEPD (Ribu Barel Minyak Ekuivalen/Setara Minyak per Hari) atau lebih dari 1 juta barrel minyak per hari. Ini merupakan capaian dari 42 blok yang dikelola.

Di sisi pengolahan, melalui PT Kilang Pertamina Internasional, telah mengamankan stok minyak mentah pada posisi yang aman dengan kapasitas pengolahan mencapai 1 juta barrel per hari.

Seluruh produksi kilang baik gasoline, gasoil dan avtur semuanya di atas target antara 1–2 persen.

Baca Juga: Kisah Inspiratif : Jin Penunggu Kulah, Makanya Jangan Berfikir Maca-macam, Jadi Begini Dek Kejadiannya!

“Pertamina juga telah siaga mendistribusikan energi dengan menyediakan 329 unit kapal mulai dari pengangkut BBM, LPG, Avtur hingga Crude Oil baik domestik maupun internasional yang dioperasikan oleh PT Pertamina International Shipping,” jelasnya.

Fadjar menambahkan, secara nasional stok BBM, LPG dan Avtur saat ini dalam kondisi aman . Juga seluruh infrastruktur telah disiagakan yang meliputi 115 Terminal BBM, 30 Terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 48 ribu agen/outlet LPG, dan 71 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU).

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: sudahbaca.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini