Malam Pergantian Tahun, KAI Daop 9 Jember Imbau Penumpang Berangkat Lebih Awal ke Stasiun

Sunday, 31 December 2023
Malam Pergantian Tahun, KAI Daop 9 Jember Imbau Penumpang Berangkat Lebih Awal ke Stasiun
Malam Pergantian Tahun, KAI Daop 9 Jember Imbau Penumpang Berangkat Lebih Awal ke Stasiun

indonesiatoday.co.id - KAI Daop 9 Jember mengimbau kepada para pelanggan yang melakukan perjalanan kereta api dengan keberangkatan sore hingga malam hari untuk berangkat lebih awal menuju stasiun.

Saran ini guna menghindari kemungkinan terjadinya kepadatan di jalan raya dikarenakan adanya kegiatan perayaan malam pergantian tahun.

“Beberapa stasiun di wilayah Daop 9 Jember lokasinya berada tidak jauh dari pusat keramaian Masyarakat, seperti Stasiun Probolinggo dan Stasiun Jember yang berada tidak jauh dari Alun-alun atau Stasiun Ketapang yang tepat berseberangan dengan Pelabuhan Ketapang, dimana pada lokasi-lokasi ini biasanya dipadati oleh kendaraan ataupun dilakukan rekayasa lalu lintas. Oleh karena itu, penumpang diimbau untuk berangkat lebih awal agar tidak ketinggalan kereta api yang akan ditumpanginya saat tiba di stasiun,” kata Cahyo Widiantoro, Manager Hukum dan Humas Daop 9 Jember.

Baca Juga: Penumpang Kereta Api Tidak Perlu Cetak Tiket, Ini Cara Terbaru Lebih Mudah

Untuk keberangkatan hari ini Minggu (31/12), sebanyak 8.942 pelanggan sudah berangkat dari wilayah Daop 9 Jember dengan beberapa kereta api.

Pada Posko Angkutan Nataru 2023/2024, mulai 21 – 31 Desember KAI Daop 9 Jember telah melayani sebanyak 107.486 pelanggan. Puncak kepadatan arus mudik pada saat libur Natal terjadi pada Sabtu (23/12) dengan 10.158 penumpang, sedangkan puncak arus balik Libur Natal terjadi pada Selasa (26/12) yang bertepatan dengan hari terakhir cuti Bersama, pelanggan naik dari wilayah Daop 9 Jember sejumlah 10.282 penumpang.

Sedangkan untuk puncak kepadatan penumpang dengan kereta api pada libur Tahun Baru 2024 di wilayah Daop 9 Jember diperkirakan terjadi pada Senin, 1 Januari 2024, dikarenakan mulai tanggal 2 Januari beberapa sekolah hingga kampus sudah mulai kembali aktivitas pendidikan. Hingga saat ini, sejumlah 9.411 tiket sudah dipesan untuk keberangkatan dari Stasiun Pasuruan hingga Ketapang pada Senin, 1 Januari 2024.

Baca Juga: Khusus Hari Ini! 23 Kereta Api Terpaksa Berhenti di Stasiun Jatinegara, Ini Penjelasan KAI

Seiring dengan meningkatnya kepadatan jalan raya dikarenakan adanya kegiatan masyarakat atau event yang diselenggarakan di sejumlah daerah untuk menyambut malam pergantian tahun, KAI Daop 9 Jember mengimbau pengguna jalan untuk meningkatkan kewaspadaan pada saat akan melewati perlintasan sebidang.

“Mari lewati pergantian tahun dengan selamat di perlintasan sebidang, pastikan aman dengan menengok kanan dan kiri sebelum melintasi jalur kereta api,” ujar Cahyo.

KAI juga mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan area sekitar rel untuk menunggu jika terjadi antrean kepadatan lalu lintas, karena hal itu bisa membahayakan nyawa pengguna kendaraan dan mengganggu perjalanan kereta api jika sewaktu-waktu ada KA melintas.

Baca Juga: KAI Daop 1 Jakarta Sediakan Co Working di Stasiun Pasar Senen, Calon Penumpang Bebas Pakai

“KAI Daop 9 Jember berkomitmen untuk menghadirkan perjalanan kereta api yang aman, nyaman dan sehat sampai ditujuan selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” tutup Cahyo.***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: adatah.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini