Terbaru Hukum & Politik Heboh & Viral Peristiwa Kesehatan Olahraga Musik & Video Unik

Latihan yang Dapat Digunakan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari

Latihan yang Dapat Digunakan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari
Ilustrasi Latihan Lari (sumber: Pixabay)

Latihan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan lari, yaitu harus tepat. Apalagi, jika kamu memang ingin fokus untuk menambah kecepatan. Kecepatan lari dapat ditingkatkan dengan latihan yang tepat.

Kecepatan merupakan kemampuan untuk melakukan gerakan secara berurutan dalam waktu singkat untuk menempuh suatu jarak. Para pelari bisa melakukan beberapa latihan agar bisa meningkatkan lari, mulai dari berlari dengan interval hingga long run seminggu sekali.

Namun, latihan untuk menambah kecepatan lari mesti disesuaikan dengan kebutuhan agar porsinya bisa dipilih dengan baik. Latihan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan lari yaitu sebagai berikut.

Latihan yang Dapat Digunakan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari

Latihan yang Dapat Digunakan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari (1)
Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari (sumber: Pixabay)

Latihan untuk meningkatkan kecepatan adalah interval, hill training, squat, strength training, dan masih banyak lainnya. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Latihan Interval

Lakukan pemanasan selama 10 menit dengan jogging secara perlahan. Kemudian, jalankan kecepatan intensitas tinggi selama dua hingga lima menit.

Ulangi empat sampai enam kali. Lakukan latihan ini minimal sekali atau dua kali per minggu hingga mencapai kecepatan yang diinginkan dengan nyaman.

2. Strength Training

Tentu semakin kuat daya tahan tubuh seseorang, maka akan lebih mudah pula menggerakkan tubuh untuk berlari dengan cepat. Sebuah studi dari European Journal of Applied Physiology pada 2016 membuktikannya.

Para pelari yang terbiasa melakukan strength training memiliki performa lebih baik. Pilihan latihan untuk meningkatkan kecepatan lari adalah berenang, kickboxing, bola voli, squat, lunges, dan push up.

3. Sprint

Latihan berlari secara sprint juga bisa menjadi rekomendasi latihan untuk meningkatkan kecepatan lari. Jadikan lari jarak pendek sebagai bagian dari latihan, meski kamu terbiasa berlari jarak jauh sekali pun.

Memperkuat hal ini, sebuah penelitian pada Maret 2018 dan menemukan bahwa atlet terlatih yang melakukan enam sesi lari cepat atau sprint dapat meningkatkan kecepatan performa lari mereka.

Tak hanya itu, latihan lari sprint juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan, dan performa tanpa membutuhkan waktu berlatih terlalu panjang.

4. Hill Training

Latihan yang Dapat Digunakan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari (2)
Ilustrasi hill training. (Sumber: Pexels)

Jika di sekitar tempat tinggalmu ada sebuah bukit, kamu bisa mencoba hal ini sebagai salah satu opsi latihan. Pilih bukit yang panjang dan kemiringan yang cukup.

Rekomendasinya adalah berlari cepat ketika mendaki bukit, lalu lakukan gerakan pendinginan saat berjalan turun. Namun, tidak disarankan melakukan teknik ini di dalam ruangan seperti treadmill, karena manfaatnya belum tentu sama.

5. Latihan Lateral

Jenis latihan lateral seperti lunges, naik-turun tangga, dan gerakan shuffle termasuk efektif dalam meningkatkan kecepatan lari. Sebab, gerakan-gerakan ini memperkuat otot-otot yang ada di sisi tubuh.

Saat melakukannya, tubuh akan bergerak ke arah yang berbeda. Ini juga akan meningkatkan mobilitas, meredakan sakit punggung, serta membuat lutut, paha, dan pinggang jadi lebih stabil.

6. Lari dengan Tempo

Salah satu latihan untuk meningkatkan kecepatan adalah hal yang berkaitan erat dengan tempo. Kamu bisa mencoba berlari dengan tempo sekaligus meningkatkan teknik dan performa.

Cobalah berlari dengan tempo sedang hingga cepat selama lima menit. Kemudian, lakukan dengan tempo melebihi yang biasa kamu terapkan. Lalu, lanjutkan dengan lari pelan selama beberapa menit.

Secara bertahap, tingkatkan durasi saat melakukan lari tempo hingga 10-30 menit.

7. Run Stride

Latihan yang Dapat Digunakan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari (3)
Latihan Untuk Meningkatkan Kecepatan Lari (Sumber: Pixabay)

Cara melakukan run stride adalah berlari cepat selama 20-30 detik atau 100 meter. Kemudian, istirahat selama satu menit dengan berjalan atau berdiri. Lalu, ulangi sebanyak empat hingga enam kali.

Demi mengoptimalkan efisiensi dan kecepatan, berlarilah dengan bola-bola kaki. Cara ini dapat mendorong tubuh kamu ke depan dengan lebih cepat sembari tetap menjaga postur yang benar.

Itulah latihan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan lari. Kamu bisa melakukan beberapa gerakan di atas dengan mudah.

(ANH)

Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 20:04 PM
Sumber: kumparan.com
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Terbaru dari kumparan.com
Paling banyak dibaca hari ini