Kuota 786 PPPK Guru di Bojonegoro Belum Terisi

Thursday, 18 January 2024
Kuota 786 PPPK Guru di Bojonegoro Belum Terisi
Kuota 786 PPPK Guru di Bojonegoro Belum Terisi

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro – Kabar bahagia bagi guru honorer hingga tenaga kependidikan (tendik) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, yang belum tercover seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Bahkan, tendik yang meliputi pegawai tata usaha (TU) hingga administrasi sekolah yang berstatus honorer, mulai ada wacana untuk mendapat kuota PPPK pada 2024 ini.

Setelah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) merilis adanya usulan formasi untuk tendik.

Ketua Forum Honorer K-2 Bojonegoro Arif Ida Rifai mengatakan, selama ini pegawai tidak tetap (PTT) termasuk tendik, memang belum tercover PPPK.

Namun, berdasarkan rilis resmi di laman Kemendikbud memang ada rencana formasi PPPK untuk tendik. ‘’Sebab teman-teman K2 kalau mentok tidak bisa ikut tes PPPK jalur guru karena terkendala ijazah, ada harapan ikut formasi tendik,” jelasnya.

Baca Juga: Kuota PPPK 2024 Belum Jelas, Pemkab Bojonegoro Belum Mengajukan Usulan Kuota

Kemudian, ia berharap ada kabar baik dari dinas terkait. Sebab jumlah  tenaga non-ASN yang terdata di lingkungan Pemkab Bojonegoro sebanyak1 5.618 orang, termasuk guru dan tendik honorer.

‘’Selama ini yang sering dibuka formasi hanya guru, sementara tendik belum tersentuh,” ungkap pria yang mengabdi sebagai honorer selama 20 tahun itu.

Sementara itu, meski usulan kuota PPPK 2024 belum ditetapkan. Namun,  jumlah kuota yang bakal mengisi formasi guru tahun ini diperkirakan bakal diambil dari sisa kuota tahun lalu.

‘’Total (kuota) PPPK guru tahun ini, yakni 786 formasi,” ungkap Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro Mochlasin Afan kemarin (17/1).

Angka tersebut, berdasarkan sisa kuota formasi guru pada 2023. Yakni, total 1.894. Namun, pasca seleksi dilakukan, tak semuanya dapat memenuhi kuota tersebut. ‘’Melengkapi kuota kemarin (2023), yang gak bisa terserap,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Aan Syahbana menyampaikan, bahwa untuk seluruh formasi PPPK, termasuk tendik di lingkup Pemkab Bojonegoro, hingga kemarin (17/1) masih dalam proses pembahasan. (dan/msu)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: radarbojonegoro.jawapos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini