Kotak Kontrol PJU di Bojonegoro Kerap Hilang

Saturday, 27 January 2024
Kotak Kontrol PJU di Bojonegoro Kerap Hilang
Kotak Kontrol PJU di Bojonegoro Kerap Hilang

BOJONEGORO, Radar BojonegoroKotak kontrol penerangan jalan umum (PJU) di Bojonegoro rawan pencurian. Sehingga, sering terjadi PJU padam.

Warga yang mengetahui oknum yang mencurigakan, diminta segera melaporkan.

Kabid PJU dan Pemeliharaan Sarpras Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Cipta Karya (PKPCK) Bojonegoro Sarifuddin mengatakan, pemasangan PJU sudah merata hampir di seluruh kecamatan di Bojonegoro.

Namun, sering terjadi pencurian oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Sehingga, menyebabkan lampu-lampu PJU padam karena kotak kontrolnya dicuri.

Dia mengimbau, kepada masyarakat agar bisa ikut menjaga PJU-PJU di Bojonegoro. Termasuk, menegur dan menangkap pelaku pencurian apabila mengetahuinya.

‘’Tolong ditegur, ditanya dari mana dan apa tujuannya. Karena sekarang banyak oknum yang mencuri peralatan PJU. Sudah kami laporkan kepada Polres Bojonegoro juga,’’ tuturnya.

Baca Juga: Puluhan Lampu Penerangan Jalan Umum Banyak yang Padam, Anggaran PJU malah Dipangkas

Selama 2023, Pemkab Bojonegoro memasang PJU 1.180 titik. Dengan total anggaran sekitar Rp 9,6 miliar bersumber anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2023 dan perubahan (P) APBD 2023. Jumlah PJU yang terpasang pada 2023 mengalami penurunan drastis. Yakni, sebanyak 20.871 titik PJU.

Berdasar Satu Data Bojonegoro, pemasangan PJU pada 2022 sebanyak 22.051 titik. Menurun menjadi 1.180 titik PJU di 2023. ‘’Jumlah pemasangan titik PJU pada 2023 mengalami penurunan karena sudah banyak dipasang pada tahun sebelumnya. Sedangkan, untuk pemasangan PJU di 2024 masih belum diketahui jumlahnya,’’ ujar Kasi PJU Bidang PJU Sarana Prasarana (Sarpras) Dinas PKPCK Yuli Agus Aniruf.

Dia menjelaskan, pemasangan PJU di 2023 terdapat 1.180 titik. Dengan rincian, 251 titik PJU bersumber dari APBD 2023 dan sebanyak 929 titik dari P-APBD 2023. Setiap satu titik terdiri dari satu tiang dan satu lampu PJU. Sedangkan, untuk pemasangannya dilakukan pihak ketiga atau secara kontraktual. ‘’Untuk PJU kami beli secara e-katalog. Jadi, penyedia hanya menyediakan tiang dan pemasangan. Lampunya dari kami,’’ tambahnya. (ewi/msu)

 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: radarbojonegoro.jawapos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini