Ketakukan Warga Bandung di Malam Tahun Baru, Panik dan Berhamburan Keluar Rumah Cari Pelindungan

Monday, 1 January 2024
Ketakukan Warga Bandung di Malam Tahun Baru, Panik dan Berhamburan Keluar Rumah Cari Pelindungan
Ketakukan Warga Bandung di Malam Tahun Baru, Panik dan Berhamburan Keluar Rumah Cari Pelindungan

GORAJUARA - Sejumlah wilayah di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, diguncang gempa berkekuatan magnitudo 4,8, Minggu (31/1/2023). Getaran gempa di malam tahun baru dilaporkan juga terasa di Bandung, Lembang dan Garut.

Guncangan gempa sempat membuat warga Bandung dan sekitarnya yang tengah menanti perayaan malam tahun baru panik. Bahkan, masyarakat di Cibiru ketakutan dan berlarian ke luar rumah.

Warga Bandung kaget benda-benda di sekitar rumah bergoyang. Denty, warga Cijawura, Buah Bantu, Bandung, menginformasikan getaran gempa berlangsung dua kali, meskti tak berlangsung lama.

Baca Juga: Warga Bandung Panik Digoyang Gempa! Getaran Cukup Kuat Terjadi hingga Dua Kali

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa di Sumedang termasuk bagian dari gempa dangkal.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif wilayah setempat,” demikian informasi BMKG.

BMKG meminta agar masyarakat tak panik terhadap gempa dengan Skala Intensitas III - IV MMI di wilayah Sumedang tersebut.

Baca Juga: WASPADA! Gempa Bumi Sebanyak 3 Kali Dirasakan oleh Warga Jawa Barat dan Sekitarnya Hari Ini, Berikut Informasi Selengkapnya

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” demikian.

Kejadian gempa di Sumedang sebelumnya juga berlangsung pukul 14.35 WIB. Saat itu gempa yang mengguncang Sumedang berkekuatan magnitudo 4,1.

Lebih lanjut BMKG mengungkapkan belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi dangkal yang mengguncang Kabupaten Sumedang tersebut.

 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: gorajuara.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini