Jokowi Keluhkan 1 Juta WNI Berobat ke Luar Negeri: Rp180 T Hilang

Thursday, 25 April 2024
Jokowi Keluhkan 1 Juta WNI Berobat ke Luar Negeri: Rp180 T Hilang
Jokowi Keluhkan 1 Juta WNI Berobat ke Luar Negeri: Rp180 T Hilang


INDONESIATODAY.CO.ID - 
Presiden Joko Widodo membuka kegiatan rapat kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) di International Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten yang akan diadakan pada Rabu 24 April 2024 dan Kamis, 25 April 2024.


Dalam sambutannya, Jokowi menyinggung ada jutaan masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri.


Akibatnya, kata Jokowi, Indonesia kehilangan Rp180 Triliun.


"Ada 1 juta lebih warga negara kita Indonesia berobat keluar negeri. Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, Amerika, Eropa. Kita kehilangan US$ 11,5 miliar, kalau dirupiahkan Rp 180 triliun. Itu hilang," ungkap Jokowi dalam Rakerkernas Kesehatan 2024, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Rabu, 24 April 2024.


Menurutnya, ada alasan kenapa masyarakat Indonesia tak ingin berobat di Indonesia. Jokowi mengatakan kejadian ini harus segera diselesaikan. 


"Karena warga kita tidak mau berobat dalam negeri. Ada sebabnya pasti kenapa nggak mau di dalam negeri. Ini persoalan yang harus diselesaikan," beber Jokowi.


Oleh sebab itu, Jokowi menegaskan harus ada penguatan industri kesehatan. Ia mencatat 90 persen bahan produksi farmasi masih impor, pun 52 persen alat kesehatan juga masih impor


"90 persen bahan produksi farmasi itu masih impor. Kemudian 52 persen alkes kita juga dominan masih impor, engga apa-apa alat yang tadi saya sampaikan mungkin belum," ujarnya.


"Tapi urusan misalnya hal yang kecil-kecil jarum, ranjang di rumah sakit, alat infus, selang jangan (impor). Harus kita berani produksi sendiri," tegasnya.


Sumber: disway

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini