Jalan Lintas Timur Desa Kemang KM 76-83 Di Tutup, Akses Menuju Pekanbaru di Alihkan Rute Teluk Kuantan

Wednesday, 3 January 2024
Jalan Lintas Timur Desa Kemang KM 76-83 Di Tutup, Akses Menuju Pekanbaru di Alihkan Rute Teluk Kuantan
Jalan Lintas Timur Desa Kemang KM 76-83 Di Tutup, Akses Menuju Pekanbaru di Alihkan Rute Teluk Kuantan

HALUANRIAU.CO, PELALAWAN - Tingginya debit air luapan sungai Kampar, jalan Lintas Timur kilometer 76-83 Desa Kemang ditutup, Rabu (03/01/2024). Kasat Lantas Polres Pelalawan, AKP Akira Ceria mengungkapkan penutupan akses jalan Lintas Timur ini sampai batas tidak ditentukan.

Kasat Lantas Polres Pelalawan, AKP Akira menyampaikan kondisi air di lokasi banjir pada saat sekarang ini, dibeberapa titik terdalam sudah mencapai sepinggang orang dewasa. Selain itu dengan kondisi air yang semakin dalam juga ditambah kondisi air yang cukup deras. Ini dikhawatirkan bisa membahayakan pengendara jika dipaksakan untuk melintasi banjir.

"Kami dari Satlantas Polres Pelalawan menghimbau kepada seluruh pengendara agar tidak memaksakan menyebrangi atau melewati derasnya arus banjir," himbau Kasat Lantas, AKP Akira Ceria.

Sedangkan untuk kondisi arus lalulintas yang cukup rame. Beberapa genangan air yang cukup dalam seperti di kilometer 76, debit air mencapai 20-30 centimeter. Kemudian di titik kilometer 78 debit air 30-35 centimeter disertai dengan arus yang cukup deras. Sedangkan debit air kilometer 80-83 dibeberapa titik jalan yang rendah, kedalam air hampir sepinggang orang dewasa. Diperkirakan kedalaman air tepatnya di kilometer 83 sekitar 80-90 centimeter.

"Namun kepadatan arus lalulintas tetap rame, baik dari arah Pekanbaru menuju Indragiri Hulu(Inhu) maupun kepadatan pengendara dari Inhu menuju Pekanbaru," jelas Akira.

Sementara ini, sudah dihimbau dan di umumkan untuk akses menuju Pekanbaru dari arah Indragiri Hulu disarankan untuk melewati rute menuju Teluk Kuatan. Meskipun sudah dilakukan himbau kepada masyarakat dan pengendara, tetap ada juga pengendara yang menerobos dan memaksakan untuk melewati genangan air.

Kendaraan yang disarankan untuk putar balik baik itu yang dari arah Indragiri Hulu maupun dari Pekanbaru adalah Kendaraan roda dua dan mobil yang rendah, sedangkan untuk kendaraan truk dan mobil yang besar masih bisa melewati lokasi genangan banjir.

AKP Akira Ceria juga menghimbau kepada masyarakat Pelalawan khususnya, begitu juga seluruh pengendara yang akan melintasi jalan Lintas Timur untuk tidak memaksakan diri menerobos genangan air. Dikarenakan genangan banjir di kilometer 83 yang cukup dalam.

Sedangkan untuk pengendara yang dari arah kota Pangkalan Kerinci menuju Sorek sudah dilakukan penyetopan dan disarankan untuk putar balik. Titik pemberitahuan kepada masyarakat dilakukan oleh personil Sat lantas Polres Pelalawan tepatnya di depan simpang Mapolres Pelalawan.

(Raf)

Baca Juga: Cemari Aliran Sungai, Wilmar: PT CRS II Bukan Bagian dari Kami Lagi

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: riau.harianhaluan.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini