Dekranasda Sumut Gelar Rapat Program Kerja 2024, Target UKM Naik Kelas

Monday, 8 January 2024
Dekranasda Sumut Gelar Rapat Program Kerja 2024, Target UKM Naik Kelas
Dekranasda Sumut Gelar Rapat Program Kerja 2024, Target UKM Naik Kelas

indonesiatoday.co.id - Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Dessy Hassanudin menginginkan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Provinsi Sumut naik kelas.

Hal tersebut mengingat banyaknya produk impor yang masuk ke Indonesia, termasuk ke Sumut.

Pj Ketua Dekranasda Sumut Dessy Hassanudin menyampaikan, bahwa banyak masukan yang kita dapat hari ini. Harus ada peningkatan, bukan hanya dari produksi, tapi juga dari sektor pemasarannya.

Baca Juga: Berikut Cara Ketahui Seseorang Menyukai Kita atau Tidak

"Kalau saya lihat-lihat, kita kurangnya di pemasaran. Hanya berpatokan di pameran saja. Sementara pameran hanya sesekali dan hanya membuka pintu untuk pengenalan," kata Dessy Hassanudin saat memimpin Rapat Program Kerja Dekranasda Sumut Tahun 2024 di Rumah Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Sumatera Utara, Senin (08/01/2024).

Lebih lanjut, Dessy mengatakan, pihaknya akan melakukan sejumlah upaya seperti memberikan pelatihan digitalisasi promosi bagi pelaku UKM. Kemudian, memastikan kualitas dan kuantitas produk UKM agar bisa bersaing dengan produk impor.

"Jadi yang perlu diperhatikan juga adalah mutunya. Terkadang kemasannya sudah baik, namun kualitasnya kurang diperhatikan. Sehingga itulah yang membuat konsumen enggan untuk berbelanja," katanya.

Baca Juga: Bupati Purworejo Hadiri Ukirsari Bersholawat bersama Habib Mustofa Baraqbah

"Selanjutnya produktivitas harus berkelanjutan. Jangan nanti sudah ada pembelinya, namun produktivitasnya tidak continue," imbuh Dessy.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas Sitorus menyarankan, agar pelatihan yang diberikan kepada pelaku UKM lebih bervariasi dan berkelanjutan. Tidak lagi hanya pelatihan pemula atau monoton dan sama setiap tahun.

"Biarlah pelatihan untuk UKM pemula dilakukan oleh Dekranasda Kabupaten/Kota. Paling tidak, kita melakukan pelatihan tingkat lanjutan. Pelatihan yang dibutuhkan saat ini, antara lain, bagaimana mengelola media sosial untuk pemasaran, karena sekarang semua berkaitan dengan digital," ujarnya.

Baca Juga: Bupati Sleman Kunjungi Lokasi Musibah Angin Ribut di Kapanewon Minggir

Selanjutnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Naslindo Sirait menyebutkan, pihaknya berupaya mendorong produk UKM Sumut agar mampu berdaya saing, baik dari sisi harga dan kualitas.

Juga memberikan pelatihan manajemen usaha, branding, pemasaran, dan promosi, hingga pendaftaran merk.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: klikindonesia.co.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini