Covid-19 Berpotensi Melonjak, Masyarakat Harus Ekstra Waspada

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Covid-19 Berpotensi Melonjak, Masyarakat Harus Ekstra Waspada Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan 81 persen kasus covid-19 nasional didominasi subvarian BA.4 dan BA.5. Masyarakat harus ekstra waspada terhadap penularan covid-19.

"Masih ada potensi kenaikan kasus ke depan, sehingga kita perlu meningkatkan kesiapsiagaan lebih tinggi," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu, 13 Juli 2022.

Wiku menjelaskan puncak kasus covid-19 biasanya terjadi antara 16 hingga 33 hari sejak varian baru ditemukan. Sedangkan puncak rawat inap terjadi 29 hingga 49 hari sejak varian baru ditemukan.

"Jika ditelaah, kedua subvarian muncul di Indonesia pada 6 Juni 2022 atau sekitar 36 hari lalu," ucap dia.

  Baca: 95,45% Kasus Covid-19 Harian Berasal dari Jawa-Bali

Wiku mengimbau masyarakat tidak panik terhadap potensi lonjakan covid-19. Hal itu bisa diminimalkan dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi.

"Kemudian, menjalankan pola hidup bersih dan sehat," kata dia.

Sumber : medcom.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini