Cara Membuat Kimbab Lezat dan Praktis, Cocok untuk Bekal Sekolah Anak

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Cara Membuat Kimbab Lezat dan Praktis, Cocok untuk Bekal Sekolah Anak

Anak-anak sudah mulai masuk sekolah lagi. Artinya Parents harus pandai memutar otak untuk menyiapkan bekal sekolah mereka. Nah, supaya tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja, coba, yuk, bikin kimbab untuk bekal makan siangnya. Berikut ini cara membuat kimbab yang dijamin mudah dan cepat. Silakan disimak!

Mengenal Kimbab

Sumber: Pexels

Kalau dilihat dari bentuknya, kimbab atau gimbap sekilas mirip dengan sushi. Terdiri dari nasi yang digulung bersama dengan beragam isiannya. Meski serupa, tetapi sebenarnya makan asal Korea Selatan ini berbeda dengan sushi, lo, Parents.

Kalau nasi pada sushi dibumbui dengan cuka atau mirin, kimbab biasanya diolesi dengan minyak wijen setelah digulung. Bukan cuma itu, orang Korea juga biasa membuat kimbab dari nasi merah atau nasi putih. Beda dengan sushi yang hanya menggunakan beras putih khusus.

Begitu pula untuk isiannya. Kalau sushi dari Jepang sering menggunakan ikan mentah yang segar, kimbab di Korea biasa menggunakan bahan yang sudah dimasak atau diawetkan sebagai bahan isinya, seperti tuna kaleng, kimchi, bulgogi, sayuran, dan banyak lainnya.

Artikel Terkait: 10 Ide Makanan Korea untuk Bekal Anak agar Tidak Mudah Bosan

Resep dan Cara Membuat Kimbab untuk Bekal Sekolah

Ada berbagai kreasi kimbab yang bisa Anda buat sebagai bekal sekolah anak-anak. Caranya cukup sederhana, intinya Anda perlu menggulung nasi dan isiannya di atas lembaran nori. Berikut beberapa variasi kimbab untuk Anda!

1. Kimbab Bulgogi

Sumber: Instagram @/kurenafood

Sudah terbayang lezatnya nasi gulung dengan isian bulgogi lengkap dengan sayurannya? Si kecil pasti tertarik untuk menyantapnya.

Bahan:

3 porsi nasi putih 3 lembar nori ukuran besar 2 butir telur ayam, kocok lepas 1 sdm minyak wijen 1 sdt garam 1/4 sdt merica hitam bubuk 1 ikat bayam, rebus dan peras airnya 1 buah wortel, potong korek api dan blansir hingga layu

Bahan bulgogi:

2 sdm minyak wijen 100 gr bawang bombai, cincang 5 siung bawang putih, cincang 250 gr daging yakiniku, cincang kasar 1/2 sdm kecap asin 2 sdm madu 100 ml air Garam secukupnya Lada hitam secukupnya

Cara membuat:

Buat bulgogi terlebih dahulu dengan memanaskan minyak wijen dalam wajan. Tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging yakiniku dan aduk sampai berubah warna. Bumbui dengan kecap asin, madu, garam, dan merica hitam. Tuang air, masak hingga matang dan meresap. Sisihkan. Kocok telur dan tuang ke atas wajan persegi. Masak hingga matang, angkat, dan bagi menjadi 3 bagian. Campurkan nasi dengan minyak wijen, bumbui dengan garam dan merica secukupnya. Aduk hingga semua tercampur rata. Tata nasi di atas selembar nori, susun tumisan bulgogi, telur, bayam, dan wortel di atasnya. Gulung perlahan sambil dirapatkan. Potong gulungan kimbab setebal kurang lebih 2 cm. Kimbab bulgogi siap disajikan.

Artikel Terkait: 3 Resep Bulgogi Khas Korea, Sajian Lezat dan Praktis untuk Hidangan Keluarga!

2. Cara Membuat Kimbab Crab Stick

Sumber: My Korean Kitchen

Resep kimbab super simpel yang bisa Anda buat dengan cepat. Tak perlu ribet dan buru-buru saat menyiapkan bekal makan anak.

Bahan:

3 lembar nori ukuran besar 3 porsi nasi 1 ikat bayam, rebus dan peras airnya (bisa diganti dengan timun) 1 buah wortel, iris korek api memanjang dan blansir 6 buah crab stick, tumis 2 lembar daging asap, iris memanjang dan tumis Acar lobak (opsional, bisa Anda beli di supermarket) 2 sdm minyak wijen Garam secukupnya Biji wijen untuk taburan (opsional)

Cara membuat:

Bumbui sayur-sayuran dengan sedikit minyak wijen dan garam. Sisihkan. Kocok telur dan buat telur dadar. Potong telur memanjang saat sudah matang. Dalam mangkok, masukkan nasi dan bumbui dengan minyak wijen dan garam secukupnya. Aduk sampai rata. Tata nasi di atas nori dan ratakan. Susun bayam, wortel, crab stick dan daging asap di atasnya.  Gulung perlahan sambil dirapatkan. Potong gulungan kimbab setebal kurang lebih 2 cm. Masukkan ke dalam tepak makan dan taburi kimbab dengan biji wijen di atasnya.

Mudah, kan, Bunda, cara membuat kimbab? Yuk, coba bikin di rumah.

Cobain Resep Savory Bread Berikut untuk Bekal Sekolah Anak, Bisa Bikin Sendiri!

5 Resep Sandwich, Cocok untuk Sarapan dan Bekal Makan Siang

10 Akun Instagram untuk Inspirasi Bikin Bekal Anak

Sumber : theasianparent.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini