Beri Gambaran Pencoblosan Pemilu 2024, KPU Jombang Jawa Timur Ajak Stakeholder Ikuti Simulasi Tungsura

Wednesday, 31 January 2024
Beri Gambaran Pencoblosan Pemilu 2024, KPU Jombang Jawa Timur Ajak Stakeholder Ikuti Simulasi Tungsura
Beri Gambaran Pencoblosan Pemilu 2024, KPU Jombang Jawa Timur Ajak Stakeholder Ikuti Simulasi Tungsura

indonesiatoday.co.id - Berikan gambaran kondisi pencoblosan di TPS (Tempat Pemungutan Suara) Pemilu pada Februari 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur gelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara (Tungsura).

Simulasi Tungsura digelar di halaman kantor KPU Jombang Rabu, 30 Januari 2024 dengan melibatkan stakeholder dalam kepemiluan yang dilangsungkan pada 14 Februari 2024.

Baca Juga: Pakar Ingatkan Aspek Budaya Bisa Jadi Strategi Pertahanan Bangsa Indonesia

Pelaksanaan simulasi Tungsura ini dilakukan dengan penggambaran langsung keadaan di sebuah TPS, dalam penyelenggaraan pencoblosan, lengkap dengan komponen pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pemungutan dan perhitungan suara.

Rangkaian pelaksanaan di dalam TPS simulasi diperagakan mulai dari awal tahapan seperti pembukaan rapat dimulainya pemungutan suara, tahapan pencoblosan, hingga perhitungan suara.

Ketua KPU Jombang, Abdul Wadud Burhan Abadi mengatakan jika simulasi tersebut sebagai bentuk sosialisasi mengenai kondisi pencoblosan, agar dapat diketahui para pihak atau stakeholder.

Simulasi Tungsura Pemilu 2024 oleh KPU Jombang bersama stakeholder terkait.
Simulasi Tungsura Pemilu 2024 oleh KPU Jombang bersama stakeholder terkait. (Foto : Diana Kusuma Negara.)

Baca Juga: Pemerintah Mengucurkan Bantuan Beras 10 Kilogram Kepada 22 Juta Penerima Manfaat di Seluruh Indonesia

“Dengan melakukan simulasi ini kita akan memiliki gambaran pelaksanaan pencoblosan yang sebenarnya,” kata Burhan di lokasi simulasi.

Menurut Burhan simulasi yang dilakukan itu merupakan kali kedua yang digelar KPU. Selain sebagai bentuk sosialisasi juga sebagai bimbingan teknis (bimtek) kepada badan Ad Hoc Pemilu tahun 2024.

“Simulasi kedua ini kita mengundang stakeholder dan masyarakat. Ada dua tujuan. Pertama sebagai tindak lanjut bimtek (bimbingan teknis) yang sudah kita laksanakan kepada PPK, PPS dan KPPS. Tujuan kedua adalah untuk sosialisasi kepada stakeholder. Alhamdulillah, Pj Bupati dan Forpimda Jombang bisa hadir," lanjutnya.

Baca Juga: Akting Jadi Pembeli, Pria di Jombang Jawa Timur Terekam CCTV Embat Handphone Kedai Mie

Sementara itu hadir Pj (penjabat) Bupati Jombang, Sugiat mengungkapkan pentingnya para penyelenggara menjadi tolak ukur pemilu berkualitas, berjalan dengan lancar, adil, akurat, dapat dipertanggungjawabkan.

"Apresiasi kepada Ketua KPU Jombang dan jajaran, juga KPPS yang tanpa lelah menjalankan tugasnya. Transparansi dan kejujuran merupakan pondasi utama. Mari kita jaga integritas dan profesionalisme," ungkap Sugiat.

Baca Juga: Presiden Jokowi Meresmikan Graha Utama Akademi Militer di Magelang

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: hallo.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini