Aksi Unjuk Rasa Warga Iran Protes Terkait Keadilan untuk Mahsa Amini

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Aksi Unjuk Rasa Warga Iran Protes Terkait Keadilan untuk Mahsa Amini

INDONESIATODAY.CO.ID - Sejak kematian Mahsa Amini, kini warga Iran terus turun ke jalan selama 10 malam berturut-turut untuk protes terkait kematian Mahsa Amini yang bertentangan dengan peringatan dari pengadilan. 

Melansir dari The Guardian, setidaknya 41 orang telah tewas saat kerusuhan dimulai, dimana sebagian besar pengunjuk rasa dan juga terdapat anggota pasukan keamanan. 

Baca Juga: Koneksi Internet di Iran Diblokir, Elon Musk Ngebet Kirim Satelit Starlink

Baca Juga:

Heboh Kematian Mahsa Amini, Presiden Iran Tolak Wawancara Jurnalis yang Tak Pakai Jilbab

Mahsa Amini, Perempuan yang Tewas saat Demo Diduga Dipukuli Polisi

Rencana Aksi 2309 Hari Ini Bakal Undang Habib Rizieq, Kapolda Metro: Aman!

"Terdapat 57 orang korban tewas pada kerusuhan di hari Minggu, namun mencatat bahwa pemadaman internet yang sedang berlangsung membuat semakin sulit untuk mengkonfirmasi kematian dalam konteks di mana protes yang dipimpin perempuan telah menyebar ke skor kota." ungkap Kelompok Hak Asasi Manusia Iran yang dikutip dari The Guardian. 

Ratusan demonstran, aktivis reformis, dan jurnalis telah ditangkap di tengah demonstrasi yang sebagian besar terjadi pada malam hari sejak kerusuhan pertama pecah setelah kematian Mahsa Amini.

Baca Juga: Hari Ini Ada Demo Kenaikan BBM Lagi di Jakarta! Berikut Titik Lokasinya

Beberapa pengunjuk rasa wanita telah melepas, membakar jilbab serta memotong rambut mereka dalam kerusuhan tersebut.

Di antara mereka juga ada yang menari di dekat api unggun besar dengan tepuk tangan orang banyak yang meneriakkan "zan, zendegi, azadi" atau "wanita, kehidupan, kebebasan"

Penulis: Annita Rahmawati Dewi

Artikel Menarik Lainnya: 

Mahsa Amini, Perempuan yang Tewas saat Demo Diduga Dipukuli Polisi Heboh Kematian Mahsa Amini, Presiden Iran Tolak Wawancara Jurnalis yang Tak Pakai Jilbab Soal 'Jokowi Tinggal Gunting Pita Proyek SBY', Demokrat: Ada Pengkondisian Opini!
Sumber : indozone.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini