Wow, Ternyata Saos Tomat juga Bisa untuk Membersihkan Rumah! Cek

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Wow, Ternyata Saos Tomat juga Bisa untuk Membersihkan Rumah! Cek

Saus tomat selama ini hanya dijagokan sebagai pelengkap untuk membuat makanan semakin lezat, terutama hidangan cepat saji.

Tomat mengandung suatu senyawa antioksidan yang amat kuat yaitu likopen. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin A, C, dan K yang dapat melindungi kulit dari dampak negatif radikal yang berbahaya.

Likopen juga membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga tak heran jika tomat banyak digunakan untuk perawatan kulit wajah agar cerah alami.

Di samping itu, kandungan likopen dalam tomat segar juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan antara lain memperkuat sistem kekebalan tubuh, meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular, dan mengurangi risiko kanker.

Namun, siapa sangka saus tomat juga ampuh untuk membersihkan rumah. Berikut ini ulasannya yang bisa Bunda coba di rumah.

Fungsi saus tomat #1: Membersihkan tembaga

Peralatan tembaga di dapur akan menambah kesan vintage nan unik. Namun membersihkannya hingga mengilap kerap menjadi pekerjaan rumah tersendiri.

Bunda bisa menengok saus tomat sebagai solusi terbaik. Cukup dengan mengoleskan peralatan tembaga yang kotor dengan saos tomat lalu diamkan selama 15-20 menit.

Selanjutnya, gosok dengan kain katun, lalu bilas dengan air hangat untuk membuat permukaan perabot tembaga kian berkilau. Namun, jika noda tetap membandel bisa juga dengan menambahkan sedikit garam untuk hasil terbaik.

Fungsi saus tomat #2: Membersihkan peralatan dari kuningan

Jika Bunda senang mendandani rumah, menambahkan perabot rumah tangga yang terbuat dari kuningan akan menjadi pilihan. Namun, bahan yang satu ini biasanya sangat mudah kotor dan berkarat.

Untuk mengatasinya, Bunda bisa melapisi peralatan dari kuningan dengan saos tomat. Diamkan selama beberapa saat lalu bersihkan dengan kain lembut kemudian bilas sampai bersih.

Fungsi saus tomat #3: Membersihkan peralatan perak

Untuk membersihkan peralatan perak yang terlihat kusam, rendam dalam semangkuk saos tomat selama 5-10 menit. Jangan terlalu lama ya Bunda karena asam dalam tomat dapat merusak perak.

Setelah itu, celupkan dalam air hangat dan keringkan. Langkah ini akan membuat perabot kembali terlihat seperti baru.

Fungsi saus tomat #4: Menyingkirkan sisa makanan hangus

Terlalu lama memanaskan makanan kadang akan membuat Bunda tak sengaja meninggalkan bekas kehitaman. Membersihkan bekas gosong menjadi hal yang membingungkan.

Nah, saus tomat bisa menjadi pilihan untuk mengatasi hal ini dengan cepat. Tuangkan saos tomat dalam peralatan yang ada bekas hangusnya lalu diamkan semalaman. Asam asetat yang ada dalam tomat akan menghilangkan bekas hitam yang ada.

Fungsi saus tomat #5: Membersihkan mobil

Parents yang setiap hari beraktivitas dengan kendaraan, tentu ingin mobil selalu bersih dan wangi. Seringkali, mobil yang sudah dicuci dengan air dan sabun tak lantas menimbulkan hasil yang diharapkan.

Jika Anda ingin mencoba cara alami, bisa dengan menggosokkan kain lembut pada saos tomat untuk kemudian digosokkan pada permukaan mobil. Selanjutnya bilas dengan air hingga bersih.

Fungsi saus tomat #6: Menghilangkan karat

Dengan menggosokkan saos tomat ke peralatan rumah tangga yang berkarat, metode ini efektif untuk menghilangkan noda karat membandel. Diamkan beberapa saat, lalu cuci hingga bersih.

Namun jika karatnya sudah mengeras sehingga sulit dibersihkan, Anda bisa mencampurnya dengan sabun cuci dan air kemudian gosok permukaannya dengan saos tomat.

Fungsi saus tomat #7: Membuat alat berkebun terlihat baru

Apakah Parents punya hobi berkebun? Hobi ini memang kerap digeluti banyak orang, namun ada juga yang menghindarinya karena peralatan berkebun yang cenderung cepat kusam dan terlihat usang.

Agar selalu terlihat kinclong, menyemprotkan peralatan dengan saos tomat menjadi cara yang efektif. Biarkan selama semalaman lalu keesokan harinya gosok pelan hingga bersih.

: The Daily Mail, Boldsky

5 Alasan Mengapa Anak Anda Perlu Menjauhi Saus Tomat

Sumber : theasianparent.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini