Wow! Ternyata Ada 800 Ribu Serangan Siber Hendak Lumpuhkan Jaringan saat KTT G20 Bali

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Wow! Ternyata Ada 800 Ribu Serangan Siber Hendak Lumpuhkan Jaringan saat KTT G20 BaliDENPASAR - Kejahatan siber itu nyata. Terbukti menjelang dan selama event puncak KTT G20 di Bali, ratusan ribu serangan siber berupaya melumpuhkan infrastruktur telekomunikasi.

Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko menyampaikan, pihaknya mendeteksi serangan siber. "Terdapat sekitar 800 ribu cyber security threat yang terdeteksi," kata kata Herlan di Denpasar, Selasa (22/11/2022). Baca juga: Waspadai Ragam Kejahatan Siber agar Aman Bertransaksi di Dunia Digital

Serangan siber yang terdeteksi ke infrastruktur jaringan muncul sejak 10 November 2022. "Kondisi itu terus berlangsung hingga puncak KTT G20, 15-16 November 2022," ungkapnya.

Serangan itu bisa diatasi berkat mitigasi cyber security melalui posko di lokasi KTT. Seluruh ancaman siber itu, kata Herlan, dapat diblok dan tidak memberikan dampak pada service dan layanan.

Dia mengungkapkan, ada dua sistem proteksi serangan siber yang dipakai selama KTT G20, yaitu Distributed Denial of Service (DDoS) Protection. Baca juga: Kepala BSSN Dorong Sosialisasi Keamanan Siber dari Tingkat SD

Sistem ini menangkal serangan siber yang tujuannya membuat sebuah layanan erver, jaringan, atau situs web tidak berfungsi alias lumpuh.

Sistem DDoS akan di-backup oleh sistem firewall seri paling mutakhir, next generation. "Hasilnya efektif, ancaman serangan siber bisa kita blok," kata Herlan.

Sumber : sindonews.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini