Wow 5 Merek Terkenal Ini Ternyata Dulunya Jualan Produk Berbeda Nokia Dan Samsung Paling Gak Disangka

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Wow  5 Merek Terkenal Ini Ternyata Dulunya Jualan Produk Berbeda  Nokia Dan Samsung Paling Gak Disangka

Beberapa dari kamu pasti pernah mendengar seseorang beralih profesi ataupun orang yang punya pekerjaan yang sangat berbeda dari jurusannya saat kuliah. Rupanya ini tidak hanya terjadi pada individu saja. Hal itu juga terjadi pada dunia bisnis. Ada banyak merek terkenal yang mengambil langkah besar mengikuti adaptasi perubahan pasar dan terus berkembang.

Bahkan, merek besar yang saat ini terkenal dengan produk unggulannya dulunya pernah menawarkan produk yang jauh berbeda dari yang dijualnya saat ini. Apa sajakah merek itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa merek besar yang dulunya menjual barang yang berbeda. 

Nintendo - Produksi Kartu Perusahaan Nintendo (Anehdidunia.com)

Sekarang ini, Nintendo Co., Limited terkenal sebagai perusahaan elektronik konsumen yang memproduksi video game terbesar di dunia bila dilihat dari pendapatan. Tapi tahukah kamu? Perusahaan yang berkantor pusat di Kyoto, Jepang ini awalnya memproduksi kartu Hanafuda. 

Perusahaan yang dibangun sejak 23 September 1889 oleh Fusajiro Yamauchi ini sempat mengembangkan beberapa perusahaan lain dalam bidang usaha taksi, hotel, jaringan TV sampai makanan. Tapi sayangnya, usaha yang dirintisnya ini gagal.

Sejak Olimpiade 1964, penjualan kartu main juga ikut turun yang menyebabkan harga saham perusahaan anjlok. Singkat cerita pada tahun 1974, Nintendo berpindah kembali ke industri video games seiring dengan perkembangan teknologi digital dan meraih kesuksesannya.

Peugeot - Pembuat Produk Baja Perusahaan Peugeot (Liputan6)

Peugeot yang sekarang terkenal sebagai produsen mobil ternyata mengawali bisnisnya di bidang pengerjaan logam, seperti mata gergaji dan pahat, pegas untuk arloji dan jam, strip baja untuk mesin jahit hingga batang baja untuk rangka payung. 

Perusahaan yang merupakan bisnis keluarga ini didirikan oleh Jean-Pierre dan Jean-Federic. Bisnis tersebut terus berkembang sampai datanglah Armand Peugeot, pelopor industri otomotif dan orang yang mengubah Peugeot menjadi produsen sepeda lalu menjadi mobil. Peugeot memproduksi sepeda pertamanya pada 1882. 

Di tahun 1889, mereka bekerja sama dengan Leon Serpollet, seorang pelopor mobil uap dan mulai membangun kendaraan bermotor roda tiga bertenaga uap. Pabrik otomotif ini kemudian sepenuhnya didedikasikan untuk memproduksi mobil yang dibangun pada 1897, tapi Peugeot baru meluncurkan mobil produksi massal pertamanya pada 1929.

Samsung - Ekspor Mie Perusahaan Samsung (Samsung Members Community)

Kita semua pasti tahu kalau Samsung merupakan salah satu smartphone dengan jumlah pengguna paling besar di dunia. Perusahaan yang didirikan oleh Lee Byung-chull di Daegu, Korea Selatan pada 1 Maret 1938 ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja.

Tapi sebelum menjadi produsen gadget seperti sekarang, dulunya Samsung merupakan produsen makanan. Mereka mengekspor mie, ikan kering dan produk lokal ke Manchuria serta Beijing. Karena perusahaan ini terus berkembang, akhirnya Samsung melebarkan bisnis ke beberapa bidang, seperti tekstil, asuransi, sekuritas dan ritel.

Hingga akhirnya pada 1969, Samsung membentuk beberapa divisi terkait elektronik. Baru di tahun 1970, perusahaan ini tidak lagi melakukan ekspor produknya dan memutuskan mendirikan Samsung Electronics Group.

Produk elektronik pertamanya adalah televisi hitam putih. Perusahannya pun mencapai kesuksesannya. Kini, Samsung jadi perusahaan bisnis raksasa di Korea Selatan yang memproduksi beragam barang elektronik untuk sehari-hari, seperti HP, kamera, dan televisi.

Nokia – Tissue Toilet Perusahaan Nokia (Wikimedia)

Buat generasi milenial, tentu sudah tidak asing dengan merk handphone Nokia. Diketahui, Nokia Corporation adalah produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia serta merupakan perusahaan terbesar di Finlandia. 

Tapi sebelum menjadi produsen smartphone yang pernah merajai industri teknologi, Nokia pernah menjual tissue dan sepatu boot yang terbuat dari bahan karet. Sejarah Nokia sendiri bermula pada tahun 1865 ketika Fredrik Idestam mendirikan pabrik pulp kayu di dekat kota Tampere, Finlandia. 

Perusahaan kemudian menjalin kemitraan dengan Finnish Rubber Works dan Finnish Cable Works pada 1922 untuk memproduksi barang-barang, seperti tissue toilet, telepon, kabel listrik, ban mobil, sepatu karet dan sepeda.

Baru pada 1967, gabungan perusahaan tersebut membentuk Nokia Corporation dan direstrukturisasi untuk fokus pada empat bisnis, yaitu kehutanan, kabel, elektronik dan karet. Sebagai produsen HP, Nokia berhasil lebih unggul dari Motorola yang merupakan merek ponsel besar dan terlaris saat itu.

IKEA - Produksi Pulpen Perusahaan IKEA (IKEA Museum)

IKEA adalah sebuah peritel perabot rumah dan furnitur kantor dari Swedia yang sudah tersebar di puluhan negara di berbagai belahan dunia. Produk IKEA dikenal dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang aneh. Tapi ternyata awalnya, IKEA menjual berbagai barang dari pulpen, dompet, bingkai foto, hingga jam tangan. 

Perabotan mulai masuk ke dalam daftar pada 1947 namun IKEA baru mulai merancang sendiri pada 1955. Penjualan mulanya dilakukan melalui pos dan dibangun sebuah toko yang kemudian menjadi model toko IKEA. Baru pada 23 Maret 1963, toko IKEA pertama di luar Swedia dibuka tepatnya di Asker, Norwegia.

Sumber : paragram.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini