Waspadai Longsor dan Banjir Hari Ini, BMKG Warning 4 Wilayah Ini di Jambi

Sunday, 7 January 2024
Waspadai Longsor dan Banjir Hari Ini, BMKG Warning 4 Wilayah Ini di Jambi
Waspadai Longsor dan Banjir Hari Ini, BMKG Warning 4 Wilayah Ini di Jambi

 

indonesiatoday.co.id - Sejak akhir bulan Oktober 2023 kemarin, Provinsi Jambi mulai memasuki musim hujan. Dampaknya, sejumlah daerah di Provinsi Jambi pun diperkirakan BMKG mudah dan rawan terjadinya tanah longsor hingga banjir saat musim hujan ini.

Diperkirakan, ada beberapa wilayah di Provinsi Jambi akan terkena dampak cuaca ekstrem, seperti ada potensi terjadi longsor maupun banjir.

Berdasarkan data prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi, beberapa daerah di Provinsi Jambi, diperkirakan berpotensi hujan dengan intensitas sedang, hingga lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang. Sehingga diperkirakan mudah terdampak, seperti longsor hingga banjir.

Baca Juga: Disaksikan Kejagung, Edi Purwanto Paparkan Capaian Kerja hingga Penghargaan DPRD Jambi

Dari prakiraan BMKG Jambi tersebut, baiknya seluruh kabupaten kota di Provinsi Jambi, terpantau akan terkena dampak dari hujan seperti tanah longsor dan sebagainya.

Seperti yang disampaikan Nabila, Bidang Prakirawan BMKG Provinsi Jambi saat dikonfirmasi awak media ini pada Minggu (07/01/2024).

"Kami sampaikan informasi prakiraan berbasis dampak wilayah Provinsi Jambi untuk hari Minggu, 7 Januari 2024 berlaku 24 jam mulai pukul 07.00 WIB," ujarnya, pada indonesiatoday.co.id.

Baca Juga: Seluruh Wilayah di Provinsi Jambi Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem, Ini Imbauan BMKG

Dirinya juga menjelaskan, dari data prakiraan BMKG Jambi, beberapa daerah di Provinsi Jambi  diperkirakan terdampak hujan lebat. Diantaranya yakni Kabupaten Sarolangun, Merangin, Kerinci dan Sungai Penuh.

"Wilayah yang diprediksi terdampak hujan lebat itu Kabupaten Sarolangun, Merangin, Kerinci dan Sungai Penuh," tambahnya.

Untuk itu, ia mengatakan dampak dari hujan lebat ini, dikhawatirkan terjadi tanah longsor, banjir akibat aliran sungai yang meningkat. Sehingga kalau ada jalan dengan jembatan yang tidak terlalu tinggi, bisa jadi susah dilewati.

Baca Juga: HUT Ke-67 Provinsi Jambi, Ketua DPRD Sampaikan Lima Tahun Komitmen Bangun Jambi

BMKG menghimbau kepada masyarakat sekitar agar dapat berhati-hati, jika hendak bepergian atau melakukan perjalanan jauh.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: jambiline.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini