Viral Salat di Masjid Terapung Pesisir Selatan Harus Bayar Rp 5 Ribu, Ini Kata Dosen UIN Jakarta

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Viral Salat di Masjid Terapung Pesisir Selatan Harus Bayar Rp 5 Ribu, Ini Kata Dosen UIN Jakarta

INDONESIATODAY.CO.ID  Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Dr Yayan Sopyan SH, MA, MH menanggapi soal video yang diunggah oleh seorang pengguna Facebook berakun Herdy Anto. Diketahui dalam video tersebut terekam aksi pemungutan biaya karcis Rp 5000 yang ingin masuk ke area Masjid Terapung Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Menurut Yayan, semua permukaan bumi adalah tempat salat bagi orang Islam. Hal tersebut sebagaimana sabda Rassullullah SAW:

"Setiap bagian dari bumi Allah adalah tempat sujud (masjid”). (HR. Muslim). 

Demikian juga dalam redaksi lain disebutkan: 

“Telah dijadikan bagi kita bumi ini sebagai tempat sujud dan keadaannya bersih”. (HR. Muslim).

Yayan menambahkan, pada prinsipnya salat di masjid itu tidak bayar. Tetapi jika bangunan masjid itu berada di tempat wisata, dan masuk ke tempat wisata itu baik untuk berwisata maupun untuk salat saja, maka bisa menjadi kemungkinan harus bayar.

"Jika saudara mau salat jumat di masjid yang ada di Kawasan Ancol, pernah diminta bayar tidak oleh takmir masjid? Tidak kan? Tetapi masuk ke Kawasan ancolnya bayar tidak?" ujarnya kepada akurat.co, Sabtu (14/5/2022).

"Apakah bisa ke petugas karcis, pak saya tidak mau wisata ke ancol, saya hanya ingin salat jumat di masjid Ancol. Kira-kira apa jawaban petugas karcis kepada anda? Kecuali masjid ini dibuat sengaja untuk wisata rohani dan harus bayar dan destinasinya adalah hanya masjid itu tidak yang lain. Mungkin ini perlu dipermasalahkan," pungkasnya.

Sebelumnya, ramai diperbincangkan seorang pengguna Facebook bernama Herdy Anto mengunggah sejumlah video yang merekam aksi pemungutan biaya karcis Rp 5000 jika orang-orang ingin masuk ke area Masjid. Kejadian itu diketahui terjadi di Masjid Terapung Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

"Masuk masjid bayar bang?" kata seorang lelaki perekam video itu dalam bahasa Minang.

Kemudian seorang lelaki yang berada di tempat pembelian tiket menjawabnya:

"Kalau salat tidak bayar. Cuma karena ini (masjid) sudah masuk kawasan, ya bayar Rp 5000 satu orang. Kalau sudah bayar bebas." tuturnya. []

Sumber : akurat.co
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email mediaselebindonesia@gmail.com.
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini