Viral, Pengakuan Kiai Disogok Rp 1 Miliar Agar Tak Dukung Anies, Benarkah?

Friday, 1 December 2023
Viral, Pengakuan Kiai Disogok Rp 1 Miliar Agar Tak Dukung Anies, Benarkah?
Viral, Pengakuan Kiai Disogok Rp 1 Miliar Agar Tak Dukung Anies, Benarkah?



INDONESIATODAY.CO.ID - Beredar sebuah video viral di media sosial platform TikTok yang memperlihatkan segepok uang diduga sogokan kepada kiai agar tak mendukung Anies Baswedan. Video berdurasi 2 menit 3 detik tersebut diunggah oleh akun TikTok @langkah_anies. 


Dalam video yang dibagikan tampak seorang pria berjenggot, berkopiah dan berbaju putih mengaku kiai dari Jawa merekam setumpuk uang senilai Rp 1 miliar. Kiai tersebut mengaku diberi uang oleh orang dari wilayah Barat agar tidak mendukung Anies Baswedan. 


"Ini ada duit datang, lumayan banyak, ratusan. Ini mumpung orangnya lagi salat di masjid, saya ambil gambar. Ya Allah, minta Ridho supaya kami kuat melewati ujian ini," jelasnya. 


"Uang banyak ini untuk menyogok saya, untuk tidak mensukseskan mendoakan, mengikhtiari pak Anies Baswedan. Sehingga ini (uang) saya colong untuk saya videokan," sambung pria mengaku kiai tersebut. 


Pria tersebut menjelaskan jika Pilkada bisa merusak iman bagi orang-orang yang tidak kuat untuk disogok dengan uang ini. "Ini jumlahnya mungkin 1 M ini, saya ga bisa hitung, tapi tadi sudah dikeluarkan dari kresek. Dan dia lagi salat," ujarnya. 


Di akhir videonya, pria tersebut kembali meminta doa kepada publik agar dirinya kuat melewati ujian untuk tidak menerima uang sogokan dari siapapun. Pasalnya ia mengaku siap untuk mendukung Anies Baswedan sebagai Presiden RI. 


"Kemarin juga ada orang (yang memberi uang) dari Jawa Barat. Nah ini juga dari daerah jauh, dari daerah barat," kata pria yang menyebut dirinya sebagai mbah yai. 


Unggahan itu pun menuai beragam komentar dari warganet. Ada beberapa warganet yang percaya, namun ada juga yang tidak percaya, lantaran menilai jika pria tersebut adalah pendukung Anies dan mengarang cerita. 


"Jangan diambil mbah yai, tanggung jawabnya besar," @exizpar***. 


"Betul pak kiai, pasti kuat dan doa pak kiai untuk menangkan Anies terkabul," @a*. 


"Ini pake kopiah putih komplotan Anies, gedabrus alasan disogok untuk menjatuhkan lawan, ternyata pendukung Anies," @user****. 


"Gedabrus ini mah, settingan," @a**. 


Dari beragam komentar netizen belum diketahui siapa sosok kiai dan siapa yang memberikan uang tersebut. Dalam video juga pria yang mengaku kiai tidak menyebutkan nama, hanya mengaku sebagai mbah yai. Sehingga belum diketahui kebenaran dari video tersebut.  


Sumber: jatimtimes

BACA JUGA:

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler