Terbaru Hukum & Politik Heboh & Viral Peristiwa Kesehatan Olahraga Musik & Video Unik

Viral Jalan di Jombang Rusak Berat, Ini Jawaban Bupati 

Jombang, IDN Times - Kerusakan jalan alternatif di Desa Tapen, Kecamatan Kudu, yang rusak parah hingga viral di media mendapatkan tanggapan dari Bupati Jombang, Mundjidah Wahab. Menurut Mundjidah, jalan yang rusak parah itu berada di wilayah Brantas, tepatnya utara Pasar Tapen. Jalan itu merupakan jalan poros penghubung antara wilayah Kecamatan Kudu dengan Kecamatan Kabuh. Kerusakan parah jalan alternatif itu imbas dari proyek pembangunan jembatan Ploso penghubung antar Kabupaten Jombang dengan beberapa kabupaten lain yang berada di sebelah utara.

1. Pengalihan jalan alternatif karena ada pembangunan jembatan Ploso 

Viral Jalan di Jombang Rusak Berat, Ini Jawaban Bupati Kendaraan melintas di jalan rusak yang tak kunjung diperbaiki. IDN Times/Zainul Arifin

Mundjidah menyampaikan, bahwa  pelaksanaan proyek jembatan Ploso itu diperlukan penutupan akses jalan dan diarahkan ke tempat lain, sehingga membutuhkan ruas jalan alternatif yaitu ruas jalan Kabuh-Tapen.

"Ruas jalan Bawangan-Ploso, Ploso-Kabuh, Ploso pasar, pada praktiknya ketiga ruas jalan alternatif dengan konstruksi jalan kelas 3C. Dan ketika dilalui berbagai jenis kendaraan berat, maka terjadi kerusakan jalan," kata Mundjidah dalam konferensi pers di Pendopo Kabupaten Jombang, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan di Gresik Tewas Bunuh diri Tabrak Kereta di Jombang

2. Dilakukan perbaikan metode konstruksi jalan

Viral Jalan di Jombang Rusak Berat, Ini Jawaban Bupati Konferensi pers Bupati Jombang Mundjidah Wahab di Pendopo Kabupaten terkait jalan rusak. IDN Times/Zainul Arifin

Keadaan itu diperparah dengan intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa minggu terakhir. Akibatnya terjadi penurunan dan terhambatnya kegiatan perekonomian masyarakat, serta mengganggu aktifitas masyarakat di sekitar lokasi.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Anies Baswedan Jawab Isu Perbedaan Harga Commitment Fee Formula E
  • Kian Mengkhawatirkan, Ini Deretan Kasus KDRT Sepanjang 2021
  • Cerita Ibu Arteria Ribut dengan Anggiat di Soetta: Cukup Menakutkan

"Karena rusak parah, maka tidak dapat dilakukan perbaikan dengan metode pemeliharaan. Jadi akan dilakukan dengan metode rekonstruksi jalan," ujar bupati perempuan pertama di Jombang tersebut.

Menurut Mundjidah, Pemkab Jombang beberapa kali telah koordinasi dengan beberapa pihak terkait proyek pembangunan jembatan Ploso, dan mendapat sebuah kesepakatan.

3. Balai besar wilayah IV, beri bantuan material hotmix

Viral Jalan di Jombang Rusak Berat, Ini Jawaban Bupati Truk Tronton melintasi jalan rusak parah di Kecamatan Kudu Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Pertama, Dinas PUPR Jombang berbagi peran dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN), Dinas PU Bina Marga Provinsi, dan Dishub Kabupaten Jombang, telah melakukan penanganan darurat untuk mengatasi kerusakan jalan jalur alternatif akibat pembangunan jembatan Ploso.

“Balai besar wilayah IV, telah siap memberikan bantuan material yaitu hotmix sebanyak 116 ton (4640 sak). Hari ini, PTK Jembatan Ploso menyatakan bahwa pada 24/11 kemarin, telah dilakukan pembukaan arus lalin,” ungkapnya.

Open traffic pada ruas jalan provinsi ini, kendaraan bertonase besar tidak lagi melintasi jalur alternatif. Kemudian PU Bina Marga Provinsi, menyarankan untuk pembuatan rambu larangan bagi kendaraan dengan tonase besar.

“Dan PT Waskita Raya, bersedia memberikan dukungan alat berat untuk pelaksanaan perbaikan jalan. Dengan kesepatan tersebut, kami berharap permasalahan dapat segera terselesaikan dengan cepat. Sehingga lalulintas dan perekonomian masyarakat setempat dapat kembali normal,” ujar Mundjidah Wahab.

Baca Juga: Viral Jalan di Jombang Rusak Parah Tetap Dilintasi

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Berkarya dan berbuat baik, enjoy aja lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 20:01 PM
Sumber: idntimes.com
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Terbaru dari idntimes.com
Paling banyak dibaca hari ini