Ucapan Hari Batik Nasional 2022, Diunggah Jadi Status WA, IG dan FB, Besok 2 Oktober!

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Ucapan Hari Batik Nasional 2022, Diunggah Jadi Status WA, IG dan FB, Besok 2 Oktober!

INDONESIATODAY.CO.ID - Ucapan Hari Batik Nasional 2022 dibuat untuk memeriahkan perayaan Hari Batik Nasional di Indonesia. Hari Batik Nasional adalah hari libur Indonesia yang dirayakan pada tanggal 2 Oktober.

Anda mungkin ingin ikut merayakan Hari Batik Nasional. Kalau begitu, bagaimana kalau memodifikasi ucapan Hari Batik Nasional 2022 di bawah ini agar bisa diunggah jadi status Whatsapp (WA), Instagram (IG) hingga Facebook (FB).

1. Senang bisa menjadi bagian dari anak bangsa yang menikmati keagungan kain batik dan semua bentuk kreasi batik. Selamat Hari Batik Nasional 2022. 

2. Batik adalah bagian dari identitas bangsa Indonesia. Saya akan memakainya untuk acara-acara sakral dan penting, karena batik yang istimewa memiliki nilai-nilai spiritual yang berharga untuk keutuhan jiwa dan raga.Selamat Hari Batik Nasional 2022. 

Baca Juga: Rayakan Hari Batik Nasional, Ini Resep Membuat Bolu Gulung Batik di Rumah: Cuma Butuh 30 Menit!

3. Kita tidak bisa mengabaikan begitu saja karya indah bernama Batik. Saya tak bisa memakainya secara sembarangan, karena batik memiliki nilai karsa yang luar biasa mendalam dari penciptanya. Selamat Hari Batik Nasional 2022.

4. Motif-motif batik tidak hanya membicarakan keindahan alam Indonesia, tetapi ada yang membicarakan hubungan manusia denan sang Pencipta. Karena itu, batik sangat berharga. Selamat Hari Batik Nasional 2022. 

5. Selamat Hari Batik Nasional 2022. Saya akan menjaga karya nenek moyang yang indah ini dan ikut melestarikannya. 

6. Selamat Hari Batik Nasional 2022. Batik karya leluhur telah membantu kita memahami identitas bangsa dan menjadikan kita memiliki ciri sebagai Bangsa Indonesia. Saya bangga punya batik. Saya bangga pada Indonesia. 

7. Selamat Hari Batik 2022. Karya indah warisan leluhur telah mnejadikan kita sebagai bangsa yang punya karakter. Terima kasih nenek moyangku. 

Baca Juga: Bikin Bolu Batik Motif Flora, Sambut Hari Batik Nasional 2022

8. Nenek moyangku mewariskan tidak hanya Prambanan dan Borobudur, tapi ada juga batik yang memuat simbol-simbol kekayaan alam, spiritual, hubungan keluarga, hubungan kemasyarakatan, hubungan manusia dengan alam, hubungan manusia dengan Tuhannya. Batik adalah segalanya yang menjadikan kita, manusia yang senantiasa ingat pada kekuatan Yang Maha Kuasa. Terima kasih. Selamat Hari Batik Nasional 2022. 

9. Saat mengenakan batik, saya merasa menjadi seseorang yang berkarakter. Selamat Hari Batik Nasional 2022. 

10. Batik yang berharga untuk hari istimewa, momen spesial, untukmu dan aku. Selamat Hari Batik Nasional 2022. 

Sejarah Hari Batik

Hari Batik Nasional menandai hari jadi Hari Batik Indonesia yang ditetapkan sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity pada tahun 2009.

Penting untuk Anda ketahui, batik adalah teknik pewarnaan tahan lilin yang diterapkan pada kain utuh. Kain yang dibuat menggunakan teknik ini juga disebut sebagai batik.

Batik dibuat dengan mengoleskan lilin ke kain dengan bantuan alat khusus. Kemudian kain direndam dalam pewarna. Lilin tahan terhadap pewarna, jadi ketika dikeluarkan dari kain dengan air mendidih, beberapa bagian kain tetap tidak berwarna. Teknik ini memungkinkan untuk membuat pola yang rumit dan indah.

Batik dibuat di berbagai negara, tetapi batik Indonesia adalah yang paling terkenal. Banyak corak batik yang digunakan oleh pengrajin Indonesia yang bersifat simbolis. Batik khusus dibuat untuk membawa keberuntungan, kesehatan dan lain-lain. Ada desain batik yang disediakan untuk kelompok orang khusus (pengantin, bangsawan, anak-anak dan lain-lain).

Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO mengakui batik Indonesia sebagai Mahakarya Warisan Lisan dan Takbenda Kemanusiaan. Itulah sebabnya tanggal ini sekarang diperingati sebagai Hari Batik Nasional di Indonesia.

Pada hari ini, masyarakat Indonesia (terutama pejabat pemerintah, pegawai badan usaha milik negara, dan pelajar) sangat dianjurkan untuk mengenakan batik. Seluruh informasi di atas diterjemahkan dari anydayguide.com. 

Demikian itu saran ucapan Hari Batik Nasional 2022 dan sedikit sejarahnya. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Mutaya Saroh

Sumber : suara.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini