Tutorial Sederhana Membuat Tanda Tangan di Word Cepat dan Praktis, Ayah Sudah Coba?

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Tutorial Sederhana Membuat Tanda Tangan di Word Cepat dan Praktis, Ayah Sudah Coba?

Demi efisiensi kertas dan waktu, membubuhkan tanda tangan elektronik kini semakin banyak dilakoni. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, mau tak mau seluruh aktivitas penting sebisa mungkin dilakukan secara virtual. Nilai plusnya, cara membuat tanda tangan di word ternyata sangat mudah!

Bagi pelajar dan karyawan, Microsoft Word ibarat perangkat lunak wajib yang harus ada di smartphone dan laptop. Melalui software ini, segala aktivitas mengetik dan mengolah kata jadi lebih cepat.

Kabar baiknya, menambahkan tanda tangan ke dokumen Word adalah hal yang mungkin dilakukan. Microsoft Word memang menyediakan fitur cara membuat tanda tangan di Word.

Ragam Cara Membuat Tanda Tangan di Word

Sumber: Trikinet

Parents mungkin berpikir bahwa tanda tangan digital dan tanda tangan elektronik adalah hal yang sama. Kenyataannya, kedua jenis tanda tangan tersebut memiliki perbedaan.

Melansir laman Pandadoc, tanda tangan digital adalah merek digital terenkripsi yang sangat aman yang memerlukan perangkat lunak khusus dan sertifikat digital dari pengirim dan penerima. Anda harus membeli sertifikat ini dari perusahaan penerbit.

Sementara itu, tanda tangan elektronik hanyalah tanda virtual yang ditambahkan ke dokumen dan biasanya berbentuk gambar tanda tangan atau teks yang diketik dengan tangan.

Tergantung pada perangkat lunak yang digunakan untuk menandatangani dokumen, tanda tangan elektronik dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan seperti sertifikat yang menyertakan waktu dan tanggal tanda tangan.

Artikel terkait: Kartu Fisik Tidak Diterbitkan Lagi, Ini Cara Membuat Kartu Nikah Digital 

Baik tanda tangan elektronik dan digital adalah satu hal legal, aman, dan dapat diberlakukan sepenuhnya. Simak caranya berikut ini.

Cara Membuat Tanda Tangan di Word (Digital)

Sumber: Septian Official Blog

Jika Anda ingin mencoba menambahkan tanda tangan digital ke dokumen Word, berikut caranya:

Pindahkan kursor ke area yang ingin dibubuhi tanda tangan di dokumen Word. Pilih tab Insert. Arahkan kursor ke bagian Teks dan pilih Signature Line. Klik Microsoft Office Signature Line dan kotak dialog Signature Setup akan muncul. Masukkan data seperti nama penanda tangan, jabatan, alamat email, dan instruksi lebih lanjut.  Centang kotak jika diperlukan (jika Anda menandatangani ini akan menjadi detail). Klik OK. Klik kanan pada bagian tanda tangan dan ketik nama Anda atau unggah gambar tanda tangan. Cara Membuat Tanda Tangan Elektronik

Dengan segala kemudahan teknologi, kebanyakan orang memang lebih memilih menambahkan tanda tangan elektronik dibandingkan digital ke dokumen. Berikut runutan yang bisa dilakukan:

Buat tanda tangan di tengah selembar kertas putih kosong dengan cara tulis tangan. Pindai atau scan tanda tangan yang telah dibuat dan simpan di komputer dalam salah satu format file (.bmp, .gif, .png, atau .jpg). Buka file gambar di Microsoft Word dengan mengklik tab Insert dan pilih Picture. Klik pada gambar dan edit menggunakan tab Picture Tools Format. Setelah selesai mengedit gambar, klik kanan pada gambar dan pilih Save As Picture. Kapan pun Anda ingin menambahkan tanda tangan elektronik ke dokumen Word, klik Insert dan Picture, kemudian cari file gambar yang telah diedit. Lalu seret dan lepas di tempat yang diinginkan di dokumen Word.

Artikel terkait: Apa Itu BI Checking? Simak Cara Ceknya dan Membersihkan Blakclist

Cara Menambahkan Garis Tanda Tangan

Sumber: YouTube

Tak hanya tanda tangan pribadi, ada momentum sebuah dokumen membutuhkan tanda tangan lebih dari satu pihak. Demi dokumen terlihat lebih profesional dan rapi, biasanya akan ada garis khusus untuk menunjukkan di mana seseorang harus membubuhi tanda tangannya.

Untuk menambahkan garis tanda tangan ke dalam dokumen Word, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

Klik kiri di tempat Anda ingin meletakkan garis tanda tangan pada dokumen Word. Pilih Signature Line dari bagian Insert. Kemudian kotak dialog akan muncul. Pilih opsi yang diperlukan, lalu klik OK. Cara Membuat Tanda Tangan Melalui Android

Sumber: JurnalApps

Tengah berada di perjalanan dan membutuhkan tanda tangan segera, Parents tidak harus membawa laptop. Melalui smartphone, hal ini juga bisa lho dilakukan. Yang dibutuhkan adalah mengunduh aplikasi Adobe Fill & Sign.

Setelah berhasil mengunduh aplikasi tersebut, ikuti langkah berikut ini:

Jalankan aplikasi Adobe Fill & Sign. Pilih icon pena lalu pilih Create Signature. Berikutnya buat tanda tangan dengan menggunakan jari di layar smartphone. Jika sudah selesai pilih Done. Pastikan bahwa dokumen Word yang ingin Anda tanda tangani sudah tersimpan di smartphone sebelumnya. Pilih opsi Select a form to fill out untuk membubuhi dokumen dengan tanda tangan. Ketika sudah masuk ke dalam dokumen yang ingin Anda tanda tangani, pilih ikon pena, lalu pilih Signature. Tempatkan tanda tangan dengan cara menggeser tanda tangan di tempat yang diinginkan.

Disamping Adobe Fill & Sign, ada juga aplikasi Docsketch yang menawarkan jasa pembuatan tanda tangan digital secara gratis. Tampilan website yang cukup simpel membuat siapa saja mudah menggunakannya.

Buka docsketch.com melalui browser Pilih fitur ‘Draw Signature’ Buatlah tanda tangan sesuai keinginan. Jika belum puas, Anda bisa mengulang dan menghapus tanda tangan dengan cara menekan tombol ‘Clear’. Tentukan warna tanda tangan dengan fitur ‘Color’ di bagian bawah kolom tanda tangan. Setelah puas dengan hasil tanda tangan, klik saja tombol ‘Save’.  Lalu, geser transparent background jika ingin membuat latar (background) tanda tangan menjadi transparan.  Tekan ‘Download’ untuk menyimpan tanda tangan ini ke laptop atau smartphone. 

Bagaimana Parents, sangat mudah dan tentunya praktis. Selamat mencoba!

Cara Daftar dan Menggunakan Zoom Meeting di HP atau Laptop untuk Sekolah Jarak Jauh

Ini Cara Cek NISN Online di Laman Resmi Kemdikbud, Cukup dengan Nama!

Gampang Banget! Ini 6 Cara Membuat Stiker WhatsApp Pakai Gambar Sendiri

Sumber : theasianparent.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini