Tuntut Komitmen Garuda, Kemenag: Supaya Tidak Mengacaukan Perjalanan Jamaah Haji

Thursday, 16 May 2024
Tuntut Komitmen Garuda, Kemenag: Supaya Tidak Mengacaukan Perjalanan Jamaah Haji
Tuntut Komitmen Garuda, Kemenag: Supaya Tidak Mengacaukan Perjalanan Jamaah Haji



INDONESIATODAY.CO.ID -Kementerian Agama (Kemenag) meminta pihak Garuda Indonesia bersikap lebih profesional dalam menyediakan angkutan haji. Maskapai harus menyiapkan pesawat secara maksimal qgar tidak terjadi insiden kebakaran mesin di udara.

 

"Kami minta Garuda Indonesia memegang komitmen akan keamanan dan keselamatan dengan mempersiapkan pesawat sebaik mungkin dari jauh-jauh hari. Sehingga tidak mengacaukan rencana perjalanan jamaah yang sudah disusun," kata Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie, di Jakarta, Kamis (16/5).

 

"Sebab, perubahan jadwal atau penggantian peswat yang mendadak akan berdampak sistemik, termasuk berkenaan dengan penempatan hotel, transportasi, dan konsumsi jemaah di Madinah,” imbuhnya.

 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Jatuh Cinta, Salah Satunya Jangan Makan Es Krim pada Kencan Pertama

 

Kemenag tak mau insiden seperti ini terulang. Sebab, berdampak panjang kepada aspek lainnya.

 

"Kami minta Garuda siapkan mitigasi secara menyeluruh dan langkah antisipasi. Kami minta jadwal penerbangan harus tetap sama, tidak berubah karena ini bisa menyebabkan efek domino," tandasnya.

 

Sebelumnya, Pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut 450 jamaah haji asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mengalami kebakaran mesin di udara. Sehingga pilot harus melakukan pendaratan darurat.

 

Garuda Indonesia melalui keterangan resminya menjelaskan, penerbangan GA-1105 rute Makassar – Madinah pada hari ini, yang merupakan Kloter 5 asal embarkasi Makassar, melakukan prosedur Return to Base (RTB) sebagai langkah cepat guna memitigasi risiko pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut. 

 

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Ketiak Hitam secara Alami, Dijamin Cepat dan Efektif

 

Keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi kendala engine pesawat yang memerlukan pemeriksaaan lebih lanjut. Setelah beberapa saat terbang diketahui adanya percikan api pada salah satu engine. 

 

"Atas kondisi itu, engine pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

 

Penerbangan tersebut kemudian telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15. Penumpang selanjutnya  diarahkan kembali menuju asrama untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti. 


Sumber: RMOL

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini