Tulisan Ayat Kursi dan Artinya, Begini Cara Mengamalkan yang Benar

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Tulisan Ayat Kursi dan Artinya, Begini Cara Mengamalkan yang Benar

INDONESIATODAY.CO.ID - Ayat kursi adalah potongan surat Al-Baqarah ayat ke 255 sekaligus menjadi surat kedua di dalam urutan Al-Quran. Berikut kami berikan tulisan ayat kursi dan artinya.

Bacaan ini menjadi ayat yang paling istimewa kedudukannya dibandingkan dengan ayat-ayat lain di dalam Al-Quran. Selain itu, ayat kursi juga memiliki keutamaan tersendiri bagi yang rutin mengamalkannya.

Ayat kursi disebut sebagai ayat yang paling agung, karena dalam bacaannya mengandung pengakuan dan kesaksian terhadap keesaan Allah SWT. Menurut sebuah riwayat, Rasulullah SAW pernah bertanya kepada Ubiy bin Ka’ab tentang ayat yang paling utama dalam Al-Quran. 

“Ayat apa yang paling utama di dalam Al-Quran?” Kemudian Ubay bin Kai menjawab, “Ayat paling utama dalam kitabullah adalah Ayat Kursi.” 

Baca Juga: Surat Ayat Kursi Latin dan Waktu Terbaik Mengamalkannya

Selain sebagai doa pagi dan petang, ayat ini juga bisa dijadikan sebagai dzikir harian yang dibaca setalah sholat. Karena mengandung keistimewaan bagi yang membacanya. Sehingga umat Islam sangat dianjurkan untuk mengamalkn ayat kursi setiap hari. 

Tulisan Ayat Kursi dan Artinya 

Berikut ini tulisan ayat kursi latin dan artinya yang dapat Anda pahami dan hafalkan sebagai doa serta dzikir harian: 

Allaahu Laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta'khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa'u 'indahuu illai bi idznih. Ya'lamu maa baina aiydiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayin min 'ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal'aliyyul 'adhiim. 

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar. (QS. Al Baqarah: 255). 

Baca Juga: LENGKAP Bacaan Ayat Kursi: Latin, Terjemahan, Link Download Suara Merdu

Cara Mengamalkan Ayat Kursi 

Bacaan dan arti ayat kursi di atas, dapat Anda amalkan secara rutin setiap hari. Beberapa riwayat menyebut jika tulisan ayat kursi dianjurkan untuk dibaca setelah selesai sholat fardhu atau ketika seseorang akan tidur.

Tak hanya itu, Nabi Muhammad SAW juga mencontohkan kepada para sahabat untuk membaca ayat kursi setiap pagi dan sore hari. Hal ini seperti yang disabdakan Nabi dalam sebuah hadis berikut ini: 

“Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi.” (HR. Al Hakim). 

Dengan demikian, kita dapat mengamalkan tulisan ayat kursi dan artinya setiap hari baik diwaktu pagi dan petang maupun pada saat selesau sholat. Karena ayat kusi dapat melindungi siapa saja yang membacanya. 

Jadi saat hendak beraktivitas jangan lupa untuk membaca ayat kursi. Agar Allah SWT senantiasa melindungi kita dari segal mara bahaya. Membaca ayat kursi juga menjadi bentuk ikhtiar seseorang dalam melindungi dirinya. Apalagi ayatnya yang sedikit dan mudah dihafalkan. 

Meski begitu, bukan berarti doa atau dzikir lainnya tidak penting untuk dibaca. Disamping membaca ayat kursi kita dapat membaca doa harian sesuai sunnah. Ayat kursi dapat dibac diawal, tengah ataupun akhir. Yang terpenting adalah niat membacanya yang ditujukan hanya untuk Allah SWT semata. 

Itulah tadi ulasan mengenai tulisan ayat kursi dan artinya lengkap dengan cara mengamalkannya. Anda dapat membaca ayat ini setiap hari supaya dilindungi Allah SWT selama sepanjang hari.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Sumber : suara.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini