Terbaru Hukum & Politik Heboh & Viral Peristiwa Kesehatan Olahraga Musik & Video Unik

Trik Memperkuat Hubungan Persahabatan dengan Prinsip 6M

Di dalam kehidupan, sahabat sebagai sosok yang sungguh berarti di dalam perjalanan hidup kita sehari-hari. Mereka merupakan salah satu yang menjadi peranan penting pada segala situasi dan kondisi. Berbagai macam kisah bahagia hingga pilu yang dijalanin bersama. Warna-warni kehidupan begitu terasa dengan hadirnya sahabat di dalam hidup kita. 

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa untuk bisa menjadi sebagai seorang sahabat yang baik bukanlah hal yang dapat disepelekan. Sedekat dan seakrab apa pun kamu kepada sahabatmu, sikap dan perilakumu adalah hal yang utama yang perlu kamu perhatikan. Keakriban hubungan persahabatamu sangat bergantung pada kedua hal tersebut.  

Agar ikatan persahabatanmu dapat makin erat dan tetap selalu terjalin dengan harmonis, kamu perlu melakukan 6M berikut ini. 

1. Mendengarkan keluh kesah mereka

Trik Memperkuat Hubungan Persahabatan dengan Prinsip 6Milustrasi mendengarkan curhat (pixabay.com/jamesoladujoye)

Apabila sahabatmu sedang mengalami sesuatu yang berat, dan mereka ingin mencurahkan segala sesuatu yang dirasakannya, maka jadilah sosok pendengar yang baik bagi mereka tanpa memotong pembicaraan. Dengarkan segala curahan isi hati dan keluh kesah yang mereka ceritakan kepadamu. Terkadang mereka bukan hanya ingin untuk dimengerti atau pun diberikan solusi, melainkan cukup didengarkan dengan setulus hati. 

2. Mendukung mereka dalam situasi apa pun  

Trik Memperkuat Hubungan Persahabatan dengan Prinsip 6Milustrasi dukungan sahabat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sahabat sangat berperan penting dalam kehidupan. Segala bentuk dukungan apa pun yang kamu berikan terhadap sahabatmu akan menjadi salah satu sumber kekuatan bagi mereka. Dukung mereka dalam keadaan apa pun baik dalam kondisi susah, senang, sedih. Saling memberikan dukungan adalah salah satu kunci terpenting dalam mempererat hubungan persahabatan.

3. Memuji usaha dan hasil karya mereka

Trik Memperkuat Hubungan Persahabatan dengan Prinsip 6Milustrasi apresiasi (pexels.com/Edmond Dantès)

Jika sahabatmu menciptakan sebuah karya atau menghasilkan sesuatu yang positif dari hasil usaha mereka, maka pujilah kreasi dan ciptaan yang mereka perlihatkan kepadamu. Hindari bentuk candaan yang dapat menyinggung karya mereka. Jangan mengkritik mereka dengan ucapan atau kalimat yang sifatnya tidak membangun. Berikan wujud apresiasi terbaikmu terhadap hasil yang telah mereka upayakan dengan maksimal.   

Baca Juga: 5 Cara Berteman dengan Introver, Perlahan Dekati Mereka

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 9 Ucapan Cepat Sembuh Selain GWS, Ganti Biar Gak Bosan!
  • Ramalan Zodiak 25 November 2021, Libra Perlu Lebih Pede!
  • 5 Zodiak Bernasib Baik 25 November 2021, Gemini Ketiban Rezeki

4. Menasihati kebaikan

Trik Memperkuat Hubungan Persahabatan dengan Prinsip 6Milustrasi menasihati (pexels.com/SHVETS production)

Sebagai sahabat, pastinya saling menasihati antara satu sama lain adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Sahabat yang baik bukanlah membiarkan sahabatnya celaka dan terjerumus pada hal yang tidak semestinya. Melainkan dengan melindungi serta mengingatkan mereka kepada kebaikan.

Sebab, jika kamu mengarahkan terhadap sesuatu yang baik dan positif kepada sahabatmu, maka hal tersebut akan memberikan pengaruh yang baik pula pada mereka. Setidaknya mereka tidak akan celaka pada arah hidup dan jalan yang salah. 

5. Membantu dan menolong mereka di kala kesulitan 

Trik Memperkuat Hubungan Persahabatan dengan Prinsip 6Milustrasi membantu teman (pexels.com/SHVETS production)

Bilamana sahabatmu tengah dilanda musibah atau pun terjebak di dalam kesulitan, sebagai sosok yang dekat dengannya kamu patut untuk segera membantu dan menolongnya. Sekecil apa pun pertolongan dan bantuan yang kamu berikan, tentu akan sangat berarti dan pastinya mereka akan menghargai hal tersebut.

Setidaknya dengan kamu mengulurkan tangan kepada mereka, kamu telah menunjukkan bentuk perhatian dan empatimu terhadap situasi sulit yang mereka rasakan.  

6. Menjaga aib dan rahasia penting mereka

Trik Memperkuat Hubungan Persahabatan dengan Prinsip 6Milustrasi membeberkan rahasia (pexels.com/Keira Burton)

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika dalam hubungan persahabatan saling berbagi dan bertukar informasi yang bersifat rahasia antar sesamanya. Sewaktu sahabatmu menceritakan dan memberitahukan kepadamu mengenai suatu cerita yang konteksnya merupakan rahasia diri mereka, sebaiknya kamu menjaga rahasia penting mereka. Jika suatu saat kamu sedang mengalami konflik dengan sahabatmu, jangan pernah sekali pun terpikir olehmu untuk membeberkan rahasia mereka apalagi menjelekkan aib mereka di belakang kepada orang lain.

Karena seburuk apa pun, mereka adalah sosok sahabat yang pernah sangat dekat kepada kamu. Sehingga jika kamu selalu mengingat tentang seberapa akrabnya kamu dan sahabatmu, maka kamu akan berpikir berkali kali untuk membongkar rahasia mereka 

Nah, itulah 6 tips yang bisa membuat hubungan persahabatanmu makin erat dan dan akrab. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Mampu Bersikap Dewasa, Ini 5 Manfaat Berteman dengan Mantan

Adelia Prida Safasyahdani Photo Writer Adelia Prida Safasyahdani

Hi! I'm a simple and minimalist person

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 19:37 PM
Sumber: idntimes.com
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Terbaru dari idntimes.com
Paling banyak dibaca hari ini