Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Jatim Bekali Kader DP3

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Jatim Bekali Kader DP3

SIDOARJO (INDONESIATODAY.CO.ID) – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) memberikan pembekalan 25 kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Desa Bakung Pringgodani, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Lanjutan.

Acara yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di wilayah Jawa Timur ini digelar di Balai Desa Bakung Pringgodani, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, Selasa (22/11/2022) pagi hingga siang.

Komisioner KPU Jatim Divisi Sosdiklih dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro, menyampaikan bimtek ini sebagai bentuk rangkaian kegiatan setelah tahun kemarin membentuk kader DP3 di Desa Bakung Pringgodani, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo.

“Harapan kita dengan melaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk komitmen bahwa agenda DP3 berkelanjutan, agenda nasional, pilot project atau percontohan bagi desa/kelurahan lainnya terkait agen-agen pemilu dan pemilihan. Dan KPU akan terus melakukan pendampingan terhadap kader DP3 ini,” katanya.

Selanjutnya, kegiatan ini sengaja disetting dalam bentuk bimtek atau Training of Trainer karena menurut Gogot, agar kader DP3 benar-benar siap ketika terjun ke masyarakat.

“Karena tujuan akhir kita adalah terbentuk agen-agen sosialisasi KPU. Kawan-kawan sebagai kader DP3 mampu menyampaikan informasi kepemiluan kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, tetangga, dan komunitasnya untuk menggunakan hak pilihnya,” jelas Komisioner KPU Jatim yang sudah menjabat dua periode ini.

Sehingga tingkat partisipasi pemilih yang tinggi di Desa Bakung Pringgodani diiringi dengan kualitas pemilihnya pula.

“Masyarakat di Desa Bakung Pringgodani memilih bukan karena pertimbangan pragmatis dan pertimbangan yang tidak rasional, tapi memilih dengan melihat rekam jejak, kapasitas serta program-program yang dimiliki oleh calon pemimpin yang akan dipilih,” tutupnya.

Hal senada disampaikan oleh Camat Balongbendo, Ahmad Farhan. Ia berharap dengan keberadaan kader DP3 di Kecamatan Balongbendo, yang wilayahnya berada di paling ujungbarat Sidoarjo, dimana berbatasan langsung dengan Mojokerto dan Gresik, dapat menambah lagi jumlah pemilih aktif dan rasional dalam Pemilu dan Pemilihan 2024.

“Kami berharap adanya kader DP3 ini dapat memperlancar penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan 2024. Di sisi lain juga harapannya dapat mengurangi money politic/serangan fajar,” tegasnya.

Peserta kegiatan merupakan 25 orang yang tahun sebelumnya telah diresmikan sebagai kader DP3 lokus Desa Bakung Pringgodani, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo. Lebih lanjut, kegiatan ini menghadirkan narasumber diantaranya, Komisioner KPU Kabupaten Sidoarjo, Ana Azizah yang menyampaikan mengenai Tahapan Penyelenggaraan Pemilu dan Strategi Pelaksanaan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih pada Pemilu Tahun 2024. Lalu, pemateri kedua, Komisioner Bawaslu Kabupaten Sidoarjo, Jamil yang menjelaskan terkait Politik Uang dan Kampanye Sara sebagai Extra Ordinary Crime dalam Pemilu/Pemilihan.

Pemateri ketiga yakni Kasubbag Partisipasi dan Hubungan Masyarakat (Parmas) KPU Jatim, Prahastiwi Kurnia Sitorosmi. Ia menyampaikan materi Public Speaking. Sedangkan materi keempat mengenai Teknik Dinamika Kelompok, yang dipandung oleh moderator Akbar Maulana dan Zakirin Manzhila Nurilma.

Turut hadir dalam bimtek dari KPU Jatim, yaitu Divisi Sosdiklih dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro, Kasubbag Parmas, Prahastiwi Kurnia Sitorosmi, serta staf subbag Parmas. Sementara dari KPU Kabupaten Sidoarjo ikut menghadiri acara antara lain, Ketua, Muhammad Iskak, Anggota, Ana Azizah dan Fauzan Adhim, Sekretaris, Sulaiman, serta staf subbag yang membidangi. Semakin lengkap kegiatan ini dihadiri oleh Camat Balongbendo, Ahmad Farhan, Kepala Desa Bakung Pringgodani, Sai, beserta jajarannya. (*)

Reporter : Lutfi/rls | Editor : Lutfiyu Handi

Sumber : lenteratoday.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini