Terminal Leuwipanjang Disulap Jadi Modern

Sunday, 4 February 2024
Terminal Leuwipanjang Disulap Jadi Modern
Terminal Leuwipanjang Disulap Jadi Modern

 

indonesiatoday.co.id - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan bahwa Terminal Leuwipanjang di Kota Bandung, Jawa Barat, yang telah direvitalisasi, akan menjadi contoh untuk diterapkan di terminal lain di Indonesia. 

Terminal ini, dengan konsep mixed use, menampilkan fasilitas modern seperti area tunggu penumpang, fasilitas mesin cetak tiket elektronik, dan area UMKM serta kantor Samsat.

 Budi Karya Sumadi menyoroti keberhasilan implementasi e-tiket di Terminal Leuwipanjang, menjadikannya contoh pertama mixed use di Indonesia.

Baca Juga: Anies Akan Tampil Habis-habisan Di Debat Terakhir

Revitalisasi Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar, yang diresmikan secara daring, bertujuan untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, dan pelayanan agar masyarakat semakin nyaman menggunakan bus sebagai angkutan umum.

"Ribuan orang turun dan naik dari kedua terminal ini, dan kita mengerti bahwa Bandung dan Banjar adalah dua kota yang sangat penting dan kita (harus) support untuk angkutan massal perkotaan dan antarprovinsi. Oleh karenanya kita lakukan revitalisasi karena terminal ini memang memberikan satu manfaat yang banyak, dan juga agar penumpang makin yakin karena apa yang kita kelola lebih baik dari sebelumnya," kata Menteri Perhubungan.

Budi Karya Sumadi menekankan peran penting kedua terminal ini dalam mendukung angkutan massal perkotaan dan antarprovinsi.

Baca Juga: Bagas dan Fikri Minta Maaf Gagal di Thailand Masters

Pemerintah Kota Bandung telah menyerahkan Terminal Tipe A Leuwipanjang kepada Kementerian Perhubungan pada 2019, yang kemudian direvitalisasi dengan biaya total Rp80 miliar dari APBN. 

Terminal ini kini melayani 637 bus per hari dengan rata-rata 5.260 penumpang per hari. Sementara Terminal Banjar, direvitalisasi dengan biaya Rp67 miliar dari Surat Berharga Syariah Negara, melayani 243 bus per hari dengan total penumpang 317 orang per hari.

Jawa Barat memiliki sepuluh Terminal Tipe A, termasuk Terminal Sumedang, Terminal Tasikmalaya, Terminal Garut, Terminal Banjar, Terminal Kuningan, Terminal Sukabumi, Terminal Karawang, Terminal Leuwipanjang, Terminal Subang, dan Terminal Cirebon. ***

 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: setiafakta.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler