Terkuat Menangkan Jatim, Prabowo-Gibran Solid Didukung Kiai NU

Thursday, 4 January 2024
Terkuat Menangkan Jatim, Prabowo-Gibran Solid Didukung Kiai NU
Terkuat Menangkan Jatim, Prabowo-Gibran Solid Didukung Kiai NU

SURABAYA, RadarMadura.id - Kans kemenangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka semakin kuat khususnya di Jawa Timur (Jatim). Kondisi tersebut tidak terlepas dari hadirnya dukungan solid dari para kiai Nahdlatul Ulama (NU).

Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia Igor Dirgantara mengatakan Prabowo-Gibran telah memiliki kekuatan suara di Jawa Timur. Banyak kelompok masyarakat Jawa Timur yang telah menetapkan dukungan kepada Prabowo-Gibran, salah satunya kalangan NU.

"Prabowo-Gibran ini sudah berhasil bikin jaringan yang sangat kuat di Jawa Timur. Hal itu terlihat dari adanya hubungan Prabowo-Gibran dengan kiai dan tokoh nasional," kata Igor.

Baca Juga: Program Prabowo-Gibran Konkret Dorong Pembangunan Bangsa ke Depan

Dia menilai, hubungan baik antara Prabowo dengan para kiai di Jatim masih terjaga dengan baik. Bahkan nama-nama seperti Habib Luthfi bin Yahya dan Nyai Mahfudhoh Ali Ubaid masuk dalam struktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo dan Gibran sebagai cawapresnya.

Kondisi demikian menunjukkan betapa kuatnya posisi Prabowo dan Gibran di Jatim karena banyak didukung tokoh-tokoh berpengaruh. Bahkan, Prabowo semakin menguat di Jatim dengan banyaknya tokoh dari kalangan kelompok Islam.

Ada beberapa tokoh penting Jawa Timur menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran seperti Emil Dardak dan mantan Gubernur Jawa Timur sebelumnya yakni Pakde Karwo. Ada salah satu tokoh yang memiliki sinyal kuat akan mendukung Prabowo-Gibran yaitu Khofifah Indar Parawansa.

Baca Juga: Ledakan Potas Rusak Musala dan Motor Warga Dasuk

"Hadirnya dukungan tersebut tentu semakin kuat untuk Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan dari masyarakat Jawa Timur," ungkap Igor.

Lanjutnya, pasangan Prabowo-Gibran memang hingga saat ini masih leading di wilayah Jatim. Elektabilitas keduanya terekam dalam hasil survei CSIS periode 13-18 Desember 2023.

Prabowo-Gibran di Jatim mendapat elektabilitas tertinggi dengan jumlah dukungan sebesar 52 persen. Jumlah ini mengalahkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi kedua dengan 22,5 persen dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 15,0 persen.

"Dari beberapa survei ini pasangan Prabowo-Gibran termasuk kuat di Jawa Timur, jadi sudah termasuk leading," pungkasnya. (*/par)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: radarmadura.jawapos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini