Tas di Depan Balai Kota Kediri yang Diduga Berisi Bom Dievakuasi Tim Jibom Brimob Polda Jatim

Friday, 26 January 2024
Tas di Depan Balai Kota Kediri yang Diduga Berisi Bom Dievakuasi Tim Jibom Brimob Polda Jatim
Tas di Depan Balai Kota Kediri yang Diduga Berisi Bom Dievakuasi Tim Jibom Brimob Polda Jatim

KEDIRI, JP Radar Kediri - Temuan tas diduga bom di depan Balai Kota Kediri, Jumat pagi (26/1), membuat aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Kediri panik. Barang mencurigakan yang ditemukan oleh petugas kebersihan itu dievakuasi oleh tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Jatim kemarin sore.

Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, tas yang dicurigai bom ditemukan sekitar pukul 10.00. Adalah Fandik Purnomo, 37, yang kali pertama menemukan tas warna cokelat tua itu di selatan pagar balai kota.

Mendapati benda yang tak biasa teronggok di sana, Fandik lantas melapor ke Juminto, sang mandor. Keduanya lantas mencoba mengangkat tas tak bertuan tersebut. “Tapi belum sampai bergeser, masih mau diangat tapi kok berat,” kata Fandik kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Khawatir terjadi hal yang tak diinginkan, Juminto langsung melaporkan temuan ke petugas satpol PP. Saat itu juga petugas satpol langsung melapor ke Polsek Kediri Kota, diteruskan ke Polres Kediri Kota.

Baca Juga: Dalam Semalam Ada Dua Kecelakaan Maut di Kabupaten Kediri, Empat Orang Dinyatakan Tewas

Pantauan media ini sekitar pukul 14.00, polisi sudah memasang police line di lokasi temuan. Meski isi tas belum diketahui pasti, mereka tidak menutup Jl Basuki Rahmat yang sehari-hari tergolong ramai.

Di saat yang sama, Polres Kediri Kota berkoordinasi dengan tim Jibom Brimob Polda Jatim. Sekitar pukul 15.30, tim beranggotakan enam personel menuju ke lokasi. Tim yang memakai pakaian khusus penjinak bom itu lantas memeriksa menggunakan X-ray.

Sekitar lima menit melakukan penanganan, mereka langsung mengevakuasi tas ke Mapolres Kediri Kota. Tas dimasukkan ke kantong khusus untuk mengantisipasi jika terjadi ledakan. “Yang diduga bom sekarang sudah dievakuasi dan dilakukan pendalaman ke Gegana Polda Jatim,” ungkap Kasatsamapta Polres Kediri Kota Iptu Priyo Hadistyo.

Terpisah, Tim Jibom Brimob Polda Jatim Iptu Hendra yang dikonfirmasi media ini memastikan jika tas mencurigakan itu tidak berisi bom. Melainkan berisi pakaian bekas dan sejumlah alat tulis. “Saat tas dibawa ke Polres Kediri Kota, kami periksa dan isinya pakaian bekas serta alat tulis,” tutur Hendra.

Baca Juga: Hujan Deras Seminggu, Pemkot Kediri Antisipasi Genangan di Beberapa Titik

Lebih jauh Hendra menegaskan, sebelumnya tim sudah memeriksa keberadaan rangkaian bom di dalam tas menggunakan X-ray. Di sana dipastikan tidak ada rangkaian bom di sana. Meski demikian, tim jibom tetap melakukan penanganan sesuai prosedur yang berlaku.

Apakah ada identitas pemilik tas mencurigakan di sana? Perwira dengan pangkat dua balok di pundak itu menyebut tidak ada temuan identitas. “Siapa pemiliknya masih diselidiki oleh Polres Kediri Kota,” tandasnya.

Untuk mendapatkan berita-berita terkini Jawa Pos Radar Kediri, silakan bergabung di Grup Telegram "Radar Kediri". Caranya klik link join telegramradarkediri. Sebelumnya, pastikan Anda sudah menginstal aplikasi Telegram di ponsel.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: radarkediri.jawapos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini