Susun Strategy Map Pembangunan, Ini Wajah Baru Trenggalek Dimasa Depan

Tuesday, 23 January 2024
Susun Strategy Map Pembangunan, Ini Wajah Baru Trenggalek Dimasa Depan
Susun Strategy Map Pembangunan, Ini Wajah Baru Trenggalek Dimasa Depan

 

Trenggalek, indonesiatoday.co.id - Kabupaten Trenggalek bakal memiliki wajah baru di masa mendatang.

Polesan-polesan anyar pembangunan itu terangkum dalam strategy map (peta strategi) yang disusun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Trenggalek.

“Jadi hari ini kita bikin Strategic Mapping di Dinas PUPR. Tadi semua sudah mengungkapkan mimpi-mimpinya,” kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat menggelar safari organisasi perangkat daerah di Dinas PUPR Trenggalek.

Ada banyak perubahan dalam diskusi yang termaktub dalam strategy map tersebut.

Penggalian ide dan gagasan itu, kata Mas Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek, untuk menentukan arah pembangunan dimasa mendatang.

Baca Juga: Tahun 2024 Ratusan ASN Pemkot Blitar Pensiun, Terbanyak Guru, Mulai Rekrut PNS Baru? ini Penjelasan Kepala BKPSDM

Sebab dalam perkotaan, dinas tersebut memiliki peran vital dalam sektor pembangunan.

“Sehingga kita harus memastikan pembangunan tidak jalan di tempat dan bisa dirasakan masyarakat,” imbuhnya.

Dalam peta strategi itu, banyak tercetus ide-ide dan gagasan pembangunan yang akan direalisasikan.

Seperti pembangunan jalan untuk kendaraan tonase berat dan normal, konsep hijau untuk penahan jalan dan sungai, fasad gedung berkearifan lokal, pemberdayaan irigasi berbasis masyarakat hingga biopori pengelolaan sampah.

“Bagaimana kalau di jalan kabupaten, kendaraan melintas dengan tonase berat, dengan tonase normal, mau dieksekusi bagaimana. Terus kemudian yang di sumber daya air, punya komitmen nanti untuk beberapa penahan jalan maupun penahan sungai melalui pendekatan yang lebih green. Nanti akan kita coba,” ujarnya.

“Terus di bangunan gedung kita akan coba dorong di fasad-fasad yang berkearifan lokal. Memberdayakan bahan baku ber kearifan lokal, UMKM lokal. Termasuk pemberdayaan irigasi berbasis masyarakat. Terus biopori, pengelolaan sampah. Semua kita bahas dan inilah yang kita dapat,” tambahnya.

Baca Juga: Pedagang Bakso se-Bekasi Dukung Program Prabowo untuk Pemenuhan Gizi Anak

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: koranmemo.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini