Sindir Mahfud MD yang Komentari Kasus Vina Cirebon, Politikus Gerindra Habiburokhman: Omong Kosong

Thursday, 13 June 2024
Sindir Mahfud MD yang Komentari Kasus Vina Cirebon, Politikus Gerindra Habiburokhman: Omong Kosong
Sindir Mahfud MD yang Komentari Kasus Vina Cirebon, Politikus Gerindra Habiburokhman: Omong Kosong



INDONESIATODAY.CO.ID -Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyindir mantan Menko Polhukam Mahfud MD yang menyebutkan penanganan kasus Vina Cirebon tidak profesional atau unprofessional. 


Menurut Habiburokhman, pernyataan Mahfud MD tersebut sudah tidak relevan dan hanya omong kosong semata.

 

"Omong kosonglah Pak Mahfud sudah game over-lah, jangan banyak komentar lagi," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/6).

 

Wakil Ketua Komisi III DPR itu mengingatkan semua pihak agar kasus hukum tidak boleh ditanggapi dengan asumsi. Ia menekankan, setiap kasus hukum harus mengikuti fakta yang ada, serta melalui mekanisme hukum yang berlaku termasuk dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon.

 

"Jangan persoalan hukum itu kita sikapi dengan asumsi, apalagi asumsi dari masing masing orang yang tidak memiliki kompetensi. Hanya pakar hukum berpendapat lalu berasumsi begini, faktanya seperti apa ya harus kita ikuti dan melalui prosedur acara yang benar," ucap Habiburokhman.

 

Apalagi, lanjut Habiburokhman, kasus pembunuhan Vina Cirebon ini sudah memiliki putusan hukum berkekuatan hukum tetap. Seusai ketentuan yang berlaku, salah satu cara mengubah atau mengoreksi putusan tersebut melalui peninjauan kembali atau PK.

 

"Sudah ada putusan berkekuatan hukum tetap, satu satunya cara mengubah ya dengan ya namanya PK. PK apa syaratnya? syaratnya novum. Lalu bagaimana pemeriksaan novum ya diajukan oleh orang orang yang berkepentingan yaitu para tersangka. Silakan saja gitu loh," pungkas Habiburokhman.

 


Sebelumnya, Mahfud MD menyebutkan penanganan kasus pembunuhan Vina Cirebon tidak profesional. Dia menduga ada permainan dalam penyelesaian kasus ini.

Salah satunya adalah karena ditangkapnya Pegi Setiawan setelah 8 tahun buron tidak lama setelah kasus ini menjadi sorotan publik karena kasus Vina Cirebon ini diangkat menjadi film layar lebar.

 

“Beda loh, unprofessional itu mungkin ada orang yang kurang cakap, kurang hati-hati, itu tidak profesional. Tapi, kalau ada permainan untuk melindungi seseorang atau mendapat bayaran dari seseorang untuk mengaburkan kasus, itu sebenarnya sebuah permainan yang jahat. Nah, saya cenderung ini lebih dari unprofessional," urai Mahfud dalam podcast ‘Terus Terang Mahfud MD’ di YouTube Mahfud MD Official.


Sumber: jawapos

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini