Sempat Tidak Memihak, Kini Jusuf Kalla Deklarasi Beri Dukungan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Friday, 22 December 2023
Sempat Tidak Memihak, Kini Jusuf Kalla Deklarasi Beri Dukungan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar
Sempat Tidak Memihak, Kini Jusuf Kalla Deklarasi Beri Dukungan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

indonesiatoday.co.id – Jelang debat Cawapres yang diagendakan pada Jumat, 22 Desember 2023, Jusuf Kalla akhirnya mendeklarasikan dukungannya pada paslon nomor urut 01.

Jusuf Kalla yang kini aktif sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia, pada hari Selasa, 19 Desember 2023 mengumumkan dukungannya pada pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Muhaimin (Amin).

Deklarasi dukungan Jusuf Kalla (JK) dilakukan saat dirinya menghadiri acara silaturahmi yang dilaksanakan oleh Presidium Gerakan Rakyat Sulawesi Selatan yang berlangsung di Gedung Islamic Centre IMMIM, Makassar.

Baca Juga: Hati- Hati! Jalan Silaiang Kariang Retak, Polisi Himbau Pengendara Selalu Waspada

Hal tersebut tidak terlalu mengagetkan sebenarnya mengingat terdapat andil JK dalam proses Pilkada DKI Jakarta yang berhasil memenangkan Anies sebagai gubernur.

Kendati demikian, sekira bulan November lalu, JK tidak mengumumkan dirinya berada dalam gerbong Anies-Muhaimin, sebagaimana yang disampaikan oleh Sudirman Said pada awak media.

Tidak bergabungnya JK kala itu dikatakan demi menjaga netralitas posisinya yang menjabat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia.

Baca Juga: Pelantikan 310 Bintara Baru Gelombang II T.A 2023, Ini Pesan Kapolda Sumbar

"Pak JK mungkin tidak bisa bergabung, karena beliau kan Ketua Palang Merah Indonesia," ujar Sudirman Said, Co-Captain Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin.

Selain tidak menyatakan dukungannya pada Anies-Muhaimin, di bulan yang sama, JK juga bertemu dengan Ganjar Pranowo di kawasan Brawijaya, Jakarta Selatan.

Pria asli Sulawesi Selatan tersebut mengaku pertemuannya dengan Ganjar membicarakan kondisi negara untuk menjadi lebih baik.

Baca Juga: HUT Hanura ke-17, FDB: Gunakan Politik Cerdas, Jangan Bercanda Menggunakan Agama!

Sehingga pada masa-masa itu, tidak begitu jelas ke mana dukungan JK akan berlabuh.

Pada akhirnya, JK 'pecah telur' juga dengan mendeklarasikan pilihannya di hari Selasa lalu, di Makassar.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: harianhaluan.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini