Selamat Jalan Buya Syafii, Cendekiawan Muslim Pemersatu Bangsa

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Selamat Jalan Buya Syafii, Cendekiawan Muslim Pemersatu Bangsa

INDONESIATODAY.CO.ID, Jakarta - Indonesia berduka. Buya Syafii, panggilan akrab Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif, berpulang pada Jumat 27 Mei 2022, jam 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini meninggal setelah mengalami serangan jantung. Buya Syafii sempat dirawat di rumah sakit selama 13 hari setelah mengeluhkan sesak napas.

Sosok Buya Syafii sangat terhormat di benak masyarakat Indonesia. Beliau adalah Cendekiawan Muslim dengan pemikiran-pemikiran yang dibutuhkan bangsa.

Presiden Joko Widodo, pada awal tahun 2015, sempat menawarkan posisi Dewan Pertimbangan Presiden, tapi Buya Syafii menolaknya. Buya Syafii memilih independen.

Maka, saat Presiden Jokowi memintanya untuk menjadi salah satu Tim Independen mengatasi konflik Polri-KPK, ia menyanggupinya dan sekaligus menjadi Ketua Tim Independen 2015.

Jokowi begitu kehilangan atas meninggalnya Buya Syafii Maarif. Lewat akun Instagramnya @jokowi, dia turut menceritakan pertemuan terakhirnya dengan sosok guru bangsa tersebut.

"Dua bulan lalu, saya datang menjenguk Buya Syafii di kediamannya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, saat beliau baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari. Saat itu, beliau sudah sehat dan terlihat bugar. Itulah pertemuan terakhir saya dengan Buya Syafii," tutur Jokowi seperti dikutip dalam akun Instagramnya, Jumat (27/5/2022).

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pemerintah, rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang dalam atas berpulangnya Buya Syafii. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, diampuni kesalahannya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah. Selamat jalan Sang Guru Bangsa," kata Jokowi.

Sumber : liputan6.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email mediaselebindonesia@gmail.com.
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini