Satgas COVID-19: Vaksinasi di 26 Ibu Kota Provinsi Capai 70 Persen

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan upaya percepatan vaksinasi masih terus dilakukan pemerintah hingga akhir tahun ini. Dia menyebut sudah ada 26 ibu kota provinsi yang vaksinasinya sudah mencapai target 70 persen.

"Upaya percepatan vaksinasi akan terus dilakukan di tiap daerah, di mana saat ini 26 ibu kota provinsi di Indonesia telah mencapai target lebih dari 70 persen di November ini. Diharapkan capaian 70 persen ini akan tercapai pada seluruh daerah di akhir tahun ini," kata Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Libur Nataru, Satgas Prediksi Kasus COVID-19 Naik 430 Persen

1. Target vaksinasi di Desember yaitu 70 persen

Satgas COVID-19: Vaksinasi di 26 Ibu Kota Provinsi Capai 70 PersenSejumlah warga antre saat mengikuti vaksinasi massal COVID-19 di Aula Mapolres Kabupaten Serang, Banten, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman.

Wiku memaparkan, saat ini target vaksinasi nasional di November 2021 adalah 60 persen dosis vaksin. Sementara, untuk Desember mendatang targetnya capai 70 persen dosis vaksin.

"Dari target populasi atau dari total 208 juta orang yang memenuhi kriteria vaksin," ujar Wiku.

Baca Juga: Soal Vaksin Mandiri, Wiku: Semua yang Memenuhi Kriteria Divaksinasi 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Anies Baswedan Jawab Isu Perbedaan Harga Commitment Fee Formula E
  • Kian Mengkhawatirkan, Ini Deretan Kasus KDRT Sepanjang 2021
  • Cerita Ibu Arteria Ribut dengan Anggiat di Soetta: Cukup Menakutkan

2. Indonesia akan kedatangan 102 juta dosis vaksin pada Desember mendatang

Satgas COVID-19: Vaksinasi di 26 Ibu Kota Provinsi Capai 70 PersenSuasana vaksinasi COVID-19 massal di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/6/2021). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.

Untuk stok vaksinasinya sendiri, Wiku menuturkan akan terus bertambah ke depannya. Di Desember mendatang, Indonesia akan kedatangan hingga 102 juta dosis vaksi.

Di bulan Desember nanti ketersediaan vaksin akan bertambah sekitar 102 juta dosis, baik yang berasal dari skema pembelian maupun hibah," ucap Wiku.

3. Pemerintah akan berdayakan TNI-Polri untuk dorong percepatan vaksinasi

Satgas COVID-19: Vaksinasi di 26 Ibu Kota Provinsi Capai 70 PersenJuru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Tak hanya itu, lanjut Wiku, pemerintah juga mepakukan upata lain seperti menyediakan minimal satu unit cold chain atau rantai dingin untuk penyimpanan vaksin di setiap provinsi.

"Kemudian mendorong penggunaan vaksin dengan memberdayakan unsur TNI-Polri dan kemeneterian/lembaga lain, dan mendorong kepala daerah untuk menyerap vaksin yang ada segera dan memberi edukasi pada masyarakat terkait manfaat vaksin," tutur Wiku.

Baca Juga: Serapan Vaksinasi 6 Daerah di Semarang Rendah, di Bawah 70 Persen

Artikel Asli
Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 20:19 PM
Sumber: idntimes.com
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Rekomendasi untuk Anda
Paling banyak dibaca hari ini