Ravindra: Program Makan Siang Gratis Sejahterahkan Petani dan Peternak

Saturday, 6 January 2024
Ravindra: Program Makan Siang Gratis Sejahterahkan Petani dan Peternak
Ravindra: Program Makan Siang Gratis Sejahterahkan Petani dan Peternak

indonesiatoday.co.id - Program Makan Siang Gratis pasangan Prabowo - Gibran disebut bisa menyejahterakan petani dan peternak, termasuk di Kabupaten Bogor.

Hal itu disampaikan Politikus muda Partai Golkar, Ravindra Airlangga saat Festival Memasak dan Makan Bersama Golkar di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu 6 Januari 2024.

Airlangga menjelaskan, Program Makan Siang Gratis (PMSG) Prabowo - Gibran bisa memberikan efek domino bagi kesejahteraan petani dan peternak Kabupaten Bogor.

"PMSG ini akan meningkatkan pendapatan peternak dan petani lokal. Sebab, mereka bisa menjual lebih banyak produknya untuk salah satu program unggulan Prabowo-Gibran ini," kata Ravindra.

Baca Juga: Tragedi Awal Tahun Baru di Bogor, Warga Meninggal usai Diserang Sekelompok Orang Tak Dikenal

Ravindra mencontohkan, Program Makan Siang Gratis akan menyediakan 20 ribu porsi makanan setiap hari, dapat memberikan nilai tambah bagi peternak lokal.

Dalam satu porsi Program Makan Siang Gratis, makanannya diminta mengandung 50-100 gram protein. Artinya, PMSG membutuhkan 1000-2.000 kilogram protein setiap hari.

"Sebagai contoh hipotesis, jika harga per kilogram adalah Rp50 ribu, berarti ada Rp50 juta - 100 juta nilai tambah per hari yang bisa didapatkan peternak lokal," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi laptop gaming ASUS ROG terbaik di bawah 20 juta: Pilihan Ideal untuk Pengalaman Bermain Optimal!

Nantinya, lewat Program Makan Siang Gratis ini banyak peternak dan petani lokal yang bisa ikut bergabung dalam misi mengatasi stunting oleh Prabowo - Gibran.

Selain bisa ikut berpartisipasi mengatasi stunting, mereka juga mendapatkan manfaat karena produknya terserap sepenuhnya.

Menurut Ravindra, dengan terserapnya produk peternak lokal, akan berdampak pada peningkatan produksi. Hal ini juga akan memberi efek lain untuk menciptakan lapangan kerja baru.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor pada 2023, industri peternakan mampu memberikan kontribusi 2,5 persen terhadap Produk Domestik regional Bruto (PDRB).

Industri di sektor ini juga mampu menyerap sekitar 15 ribu tenaga kerja.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: lenteratimes.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini