Produksi Garam Lestari Belitung Timur Meningkat Signifikan Setelah Dapat Sentuhan Program CSR PT Timah

Monday, 29 January 2024
Produksi Garam Lestari Belitung Timur Meningkat Signifikan Setelah Dapat Sentuhan Program CSR PT Timah
Produksi Garam Lestari Belitung Timur Meningkat Signifikan Setelah Dapat Sentuhan Program CSR PT Timah


Belitung Timur, indonesiatoday.co.id - Program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PT Timah telah mendorong Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Mudong Garam Lestari (MGL) Desa Padang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur untuk terus berkembang.

Setelah pada tahun 2023 lalu, PT Timah melalui program CSR memberikan bantuan dana pengembangan program bagi kelompok KUPS Mudong Garam Lestari.

Dana program CSR PT Timah mereka mangaaftkan untuk membenahi fasilitas sehingga bisa meningkatkan hasil produksi garam mereka. Hal ini terbukti berhasil, karena produksi garam bisa naik signifikan.

Baca Juga: Sepanjang 2023 PT Timah Salurkan Bantuan Biaya Pengobatan Bagi Puluhan Warga Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

Ketua KUPS Mudong Garam Lestari, Desa Padang, Ahartoni mengatakan, peran PT Timah Tbk melalui program CSR terhadap pengembangan produksi garam mereka sangat berdampak positif.

"Peran CSR PT Timah Tbk dalam mengembangkan usaha garam yang telah dijalankan oleh KUPS Mudong Garam Lestari (MGL) Desa Padang ini sangatlah membantu dan bermanfaat sekali," kata Ahartoni.

Menurutnya, bantuan dari PT Timah dimanfaatkan oleh kelompok mereka seperti penambahan vlog baru dengan lantai semen, perbaikan plastik membran vlog yang bocor.

Baca Juga: PT Timah Gerak Cepat Tangani Stunting Dengan Edukasi ke Generasi Milenial Hingga Dukung Infrastrukur Sanitasi Masyarakat

Selain itu, mereka juga membeli sarana prasarana penunjang pembuatan garam antara lain pembelian tangki air, mesin robin pengisap air, timbangan dan sarana prasarana lainnya.

Ahartoni menjelaskan, perkembangan pembuatan garam saat ini yaitu sejak mulai produksi (panen) bulanJuli 2023 sampai dengan saat ini Januari 2024 telah diproduksi (panen) garam sebanyak 4000 kilogram dan telah terjual sebanyak 2850 kilogram.

Sehingga, dampak bantuan program PT Timah melalui CSR itu telah sangat membantu masyarakat dan menambah penghasilan kelompok usaha itu.

Baca Juga: Peduli Korban Bencana, PT Timah Bantu Benahi Rumah Korban Bencana di Bangka Belitung.

"Panen garam paling banyak bulan Januari ini 900 kilogram, dan total dari Juni hingga Januari mencapai 4000 kilogram produksi garam," jelasnya.

Ahartoni berharap, program CSR PT Timah yang merupakan Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID dapat terus membina dan mendukung KUPS Mudong Garam Lestari (MGL) Desa Padang.

Kedepan, mereka akan terus melakukan pengembangan dan peningkatan produksi garam dengan berbagai peningkatan terutama fasilitas serta sarana pendukung lainnya.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: heloberita.co

Komentar

Artikel Terkait

Terkini