Presiden Joko Widodo Berkomitmen untuk Mengembangkan UNU Jogja Menjadi Lokomotif Kemajuan Pendidikan NU

Thursday, 1 February 2024
Presiden Joko Widodo Berkomitmen untuk Mengembangkan UNU Jogja Menjadi Lokomotif Kemajuan Pendidikan NU
Presiden Joko Widodo Berkomitmen untuk Mengembangkan UNU Jogja Menjadi Lokomotif Kemajuan Pendidikan NU

indonesiatoday.co.id - Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pada Januari 2020, ia menerima surat permohonan dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jogjakarta dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terkait pembangunan UNU Jogjakarta. Alasannya adalah kebutuhan akan universitas yang unggul, mengingat organisasi lain telah memiliki kampus yang baik.

"Saya setuju membantu, tetapi asalkan UNU Jogja dirancang bukan untuk biasa-biasa saja," ungkapnya pada Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-101 NU dan Peresmian Gedung Terpadu Kampus UNU Jogja di Jogjakarta, Rabu 31 Januari 2024.

Baca Juga: UNU Jogjakarta Akan Bangun Menara Kembar, MBZ College for Future Studies pada Harlah ke-101 NU

Presiden Jokowi menginginkan agar UNU Jogja menjadi luar biasa dan menjadi lokomotif lompatan kemajuan bagi lembaga pendidikan tinggi NU secara nasional. "Ide UNU Jogja ini menjadi lokomotif kemajuan pendidikan NU disepakati. Agustus 2020, kita mulai melangkah," jelasnya.

UNU Jogja tidak hanya bangga pada gedungnya, melainkan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pendidikan unggulnya.

Selain itu, Mahasiswa UNU Jogja terlibat dalam pembelajaran mengenai berbagai topik, seperti robotik, bitcoin, reksadana, saham, dan investasi.

Jokowi menekankan pentingnya bantuan beasiswa dan dosen untuk riset di bidang-bidang strategis seperti masyarakat masa depan, bioteknologi, dan kecerdasan buatan.

Baca Juga: Rais 'Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar, Berikan Pengarahan Inspiratif dalam Peringatan Harlah ke-101 NU di UNU Jogja

Presiden juga menyatakan apresiasi terhadap inisiatif PBNU dalam membuka program studi baru, seperti MBZ College of Future Studies, sebagai langkah menyongsong masa depan yang penuh tantangan.

Harlah ke-101 NU diselenggarakan dengan berbagai kegiatan di Jogjakarta mulai dari Konbes NU di Hotel Melia Purosani hingga istighotsah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran dan Halaqah Nasional Strategi Peradaban NU di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak.

Resepsi Peringatan Hari Lahir ke-101 Nahdlatul Ulama di UNU Jogja menjadi momentum penting dalam perjalanan NU menuju masa depan yang gemilang.***

 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: notifindonesia.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini