Prabowo-Gibran Unggul 48,9 Persen Survei LSI di Sumbar, Kinerja Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran Patut Diacungi Jempol

Wednesday, 24 January 2024
Prabowo-Gibran Unggul 48,9 Persen Survei LSI di Sumbar, Kinerja Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran Patut Diacungi Jempol
Prabowo-Gibran Unggul 48,9 Persen Survei LSI di Sumbar, Kinerja Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran Patut Diacungi Jempol

JemberNetwork.com - Jelamg Pemilu 2024, Lembaga Survei Indonesia (LSI) rilis hasil survei terbaru peta elektoral di Sumatra Barat (Sumbar) pada Selasa 23 Januari 2024.

Cukup menggembirakan, hasil rilis LSI menyatakan bahwa masyarakat Sumbar masih memilih Prabowo Subianto sebagai Presiden, sama dengan 2014 dan 2019. Dalam survei LSI ini suara Prabowo-Gibran mencapai 49,8 persen, meninggalkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 42,1.

Sementara hasil survei untuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD hanya di angka 4,3 persen saja. Dan yang tidak tahu atau tidak menjabat sekitar 3,8 persen.

Baca Juga: Gak Main-main! Ini Harapan Menhan Prabowo Subianto Tentang Industri Pertahanan RI di Masa Depan, Mimpi Besar yang Harus Terwujud

Survei LSI yang bertajuk “Peta Elektoral Jelang Pemilu 2024 di Sumatra Barat” ini digelar pada 11-18 Januari 2024, kini hasil survei terbaru yang diterbitkan oleh lembaga survei nasional di Sumbar.

Dalam kesempatan ini, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan PhD mengatakan bahwa populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Sumbar yang punya hak pilih dalam Pemilu 2024. Yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

“Di setiap dapil DPR RI di Sumbar diambil sampel sebanyak 800 orang dengan menggunakan metode multistage random sampling. Sehingga total sample secara keseluruhan sebanyak 1.600 responden di Provinsi Sumbar. Total sample tersebut memiliki toleransi kesalahan (margin of error) ±2.5% pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi stratified random sampling,” kata Djayadi.

Baca Juga: Singgung Soal Situasi Geopolitik yang Tak Menentu, Menhan Prabowo Tegaskan Perairan Indonesia Adalah Aset Strategis yang Menjadi Incaran Banyak Pihak

Menurut Djayadi, sampel berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di tiap Dapil Sumbar yang terdistribusi secara proporsional. Analisis gabungan juga diterapkan untuk tahap pembobotan sehingga sampel dari seluruh Kabupaten/Kota juga terdistribusi secara proporsional di tingkat Provinsi.

“Wawancara tatap muka dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih terhadap responden terpilih. Kendali mutu hasil wawancara dilakukan secara random pada 20% dari total sampel oleh supervisor lapangan dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam kendali mutu ini tidak ditemukan kesalahan berarti,” katanya.

Survei ini dilakukan dengan simulasi tiga nama tertutup dan surat suara pasangan Capres-Cawapres.

Baca Juga: Menteri Pertahanan Prabowo Kunjungi PT PAL Indonesia, Optimis Kekuatan Maritim di Indonesia Bakal Diperhitungkan Dunia

Adapun pertanyaan yang diajukan adalah, jika pemilihan Presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden di antara pasangan nama berikut ini?

Dan hasilnya adalah, pada simulasi tertutup 3 nama Prabowo Subianto mendapatkan 49,7 persen, Anies Baswedan 41,8 persen, Ganjar Pranowo 4,3 persen dan  TT/TJ  4,1 persen.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: jember.jatimnetwork.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini