PMI Manufaktur Melonjak, Menkeu Optimistis Ekonomi Tumbuh di Atas 5 Persen pada Kuartal IV 2021

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, optimistis ekonomi Indonesia bisa tumbuh di atas 5 persen pada kuartal IV 2021. Hal itu, antara lain dipengaruhi PMI manufaktur yang melonjak.

Menurut dia, secara keseluruhan untuk tahun 2021, pemerintah memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi bisa berada di kisaran 3,5 persen sampai 4 persen. 

"Full year kita perkirakan 3,5 persen sampai 4 persen. Ini artinya di kuartal IV tumbuh di atas 5 persen," ujar Sri Mulyani, dalam konferensi pers virtual APBN KITA, pada Kamis (25/11/2021)

Menkeu mengatakan, angka pertumbuhan ekonomi tersebut, tentunya lebih tinggi dari kuartal III yang sebesar 3,5 persen. Hal ini karena pada periode kuartal III, ekonomi Indonesia sempat tertekan akibat serangan Covid-19 varian Delta dan diikuti kebijakan PPKM darurat oleh pemerintah. 

"Pemulihan ekonomi kembali terjadi yang terindikasi dari lonjakan pada PMI manufaktur Indonesia dan indeks keyakinan konsumen. Realisasinya bahkan sudah lebih tinggi dari sebelum pandemi. Ini rekor sejak sebelum krisis," kata Sri Mulyani. 

Dia menambahkan, kinerja manufaktur Indonesia mencapai rekor tertinggi dan yang terbaik di ASEAN. 

Editor : Jeanny Aipassa

TAG : pertumbuhan ekonomi PMI Manufaktur sri mulyani menkeu

Bagikan Artikel:



Artikel Asli
Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 19:42 PM
Sumber: inews.id
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Rekomendasi untuk Anda
Paling banyak dibaca hari ini