Pj Bupati Nagan Raya Serahkan Sertifikat Redistribusi Tanah Untuk Petani Mitra PT. Socfindo Seunagan

Sunday, 21 January 2024
Pj Bupati Nagan Raya Serahkan Sertifikat Redistribusi Tanah Untuk Petani Mitra PT. Socfindo Seunagan
Pj Bupati Nagan Raya Serahkan Sertifikat Redistribusi Tanah Untuk Petani Mitra PT. Socfindo Seunagan

KLIKANGGARAN --Pejabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP., S.Sos., M.Si menyerahkan secara simbolis sertifikat redistribusi tanah kepada petani mitra PT Socfindo Seunagan di Desa Purwodadi, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten setempat, Jum'at (19/1/2024).

Dalam sambutannya, Fitriany menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Nagan Raya beserta jajaran yang telah berkontribusi, sehingga penyerahan sertifikat redistribusi tanah tahun 2023 dapat berjalan dengan baik.

"Kami juga mengucapkan terima kasih untuk PT Socfindo yang telah memfasilitasi masyarakat dalam pengurusan sertifikat tanah melalui program redistribusi," ucap Fitriany.

Baca Juga: Sinopsis American Nightmare Episode 2: Aaron dan Denise Dianggap Mengarang Cerita hingga Para Penculik Meminta Polisi Mempercayainya, Aneh!

Disebutkan, tujuan redistribusi tanah ini adalah untuk mengurangi ketimpangan struktur Pemilikan, Penguasaan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (P4T), serta memberikan kepastian hukum hak atas tanah kepada subjek yang memenuhi persyaratan sehingga dapat memperbaiki serta meningkatkan keadaan sosial ekonomi subjek redistribusi tanah.

"Penyerahan sertifikat melalui program redistribusi tanah akan memberikan kepastian dan perlindungan hukum bagi masyarakat pemegang hak tanah dan penggarap lahan. Program-program tersebut menjadi langkah untuk menjamin kepastian hukum dan pastinya juga akan meningkatkan kualitas masyarakat," ujar Pj Bupati.

Lebih lanjut Fitriany menyampaikan, bahwa para pemilik tanah dapat menaati penggunaan tanah sesuai ketentuan tata ruang yang berlaku dan tidak menelantarkan tanah, serta tidak mengalihkan hak atas tanah kepada pihak lain.

Baca Juga: Presiden Jokowi Puji Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam, Erick Thohir Optimis Indonesia Bisa Kalahkan Jepang, Lolos 16 Besar Piala Asia 2023 Qatar

Khusus kepada semua aparatur pemerintah, baik tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten, Pj. Bupati Nagan Raya mengajak agar dapat ikut mengedukasi serta menanamkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya legalisasi aset tanah.

"Agar aset tanah yang dimiliki oleh masyarakat, benar-benar memiliki kepastian hukum serta dilindungi oleh undang-undang," ujar Fitriany.

Di akhir sambutannya Fitriany juga mengatakan agar ke depan kolaborasi dan koordinasi dalam kegiatan redistribusi antara Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Nagan dan Pemkab Nagan Raya dapat ditingkatkan, sehingga dalam pelaksanaannya dapat ditindaklanjuti secara bersama-sama dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Transfer Premier League, Manchester United Dirumorkan akan Datangkan Striker Ajax, Brian Brobbey, Inilah Alasan Erik ten Hag!!

Diketahui bahwa, proses redistribusi yang dilakukan ini merupakan pertama kali dilaksanakan oleh kemitraan PT Socfindo Seunagan. Ia berharap agar perusahaan-perusahaan lain dapat melakukan hal yang sama.

"Jadi kami berharap masyarakat dapat memahami dan dapat membangun Nagan Raya bersama-sama," tutup Fitriany.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: klikanggaran.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini