Pertama dalam Sejarah, Perempuan Ikut Ganti Kain Penutup Kabah

Tuesday, 9 July 2024
Pertama dalam Sejarah, Perempuan Ikut Ganti Kain Penutup Kabah
Pertama dalam Sejarah, Perempuan Ikut Ganti Kain Penutup Kabah



INDONESIATODAY.CO.ID -Untuk pertama kalinya dalam sejarah, perempuan dilibatkan dalam upacara penggantian kain penutup Kabah atau biasa disebut "kiswah" di Makkah, Arab Saudi.


Menurut Otoritas Umum Perawatan Dua Masjid Suci pada Selasa (9/7), pegawai perempuan di sana ikut mengganti kiswah yang berhias benang emas dan perak dengan menenteng kain tersebut dan menyerahkannya ke pekerja lain untuk diangkut ke Masjidil Haram Makkah.


Sebagai bagian dari upacara tahunan yang dilaksanakan setelah musim haji dan tahun baru Hijriyah, para petugas membongkar kiswah lama dan memasang kiswah baru dengan memasangnya di sudut dan atap Ka'bah.



Meskipun peran pegawai perempuan hanya terbatas pada tahap persiapan upacara, ini adalah pertama kalinya perempuan berpartisipasi dalam ritual tersebut.


Hal ini terjadi di tengah upaya berkelanjutan Kerajaan Arab Saudi untuk mempromosikan perempuan di berbagai bidang dan industri di seluruh negeri.


Mengutip Islamic Info, tanggung jawab penggantian kiswah secara tradisional dilakukan oleh penjaga laki-laki, seperti suku Quraisy dan kemudian otoritas yang bertanggung jawab atas Masjidil Haram di Makkah.


Kiswah tahun ini dibuat seharga 20 juta SAR (Riyal Arab Saudi). Terbuat dari 670kg sutera alam, 100kg benang perak, dan 120kg benang emas.


Sumber: RMOL

BERIKUTNYA

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini