Peran Utama Guru Masih Tetap Sama agar Anak-anak Terdidik

KOMPAS.com - Hari Guru Nasional 2021 diperingati pada Kamis, 25 November 2021. Peringatan ini sebagai ucapan terima kasih kepada guru atas jasa mereka dalam memajukan pendidikan, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Semula proses belajar mengajar dilakukan dengan tatap muka, tetapi kini proses belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet, serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Baca juga: Peringati HGN, Menag: Guru Harus Tingkatkan Kapasitas

Pengamat kebijakan pendidikan UGM, Agustinus Subarsono mengatakan, sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 peran utama guru tetap sama, yaitu mendidik karakter dan transfer ilmu pengetahuan pada anak didik.

Mendidik karakter dengan harapan anak didik bisa menjadi jujur, percaya diri, memiliki komitmen dan lain-lain, sedangkan melakukan transfer ilmu pengetahuan agar anak didik memiliki tingkat kognitif yang lebih tinggi.

"Di dalam masa pandemi ini ada satu peran lagi yang dibebankan guru yaitu soal merubah pola perilaku siswa. Bagaimana perilaku siswa itu berubah dari sebelum dan sesudah masa Covid-19, bagaimana siswa didorong melakukan social distancing, mencuci tangan, diajar untuk tidak interaksi secara langsung dan berkelompok," kata dia melansir laman UGM, Kamis (25/11/2021).

Menurut dia, untuk transfer ilmu pengetahuan mungkin kendalanya tidak terlalu besar dan tidak serumit tugas guru dalam membentuk karakter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena untuk pendidikan karakter idealnya di bentuk melalui pertemuan tatap muka.

Meski begitu, katanya, dengan daring pembentukan karakter tetap bisa dilakukan.

Dengan beberapa kelemahan, disebutnya, guru tetap bisa mengajarkan tepat waktu pada siswa, memberikan tugas-tugas dengan memberi sangsi bagi mereka yang tidak disiplin dan tidak mengumpulkan tugas dan lain-lain.

"Artinya dengan berbagai inovasi yang dilakukan guru tetap bisa dilakukan. Meski tidak seoptimal jika tatap muka," ucap Dosen Departeman Manajemen dan Kebijakan Publik UGM ini.

Artikel Asli
Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 19:43 PM
Sumber: kompas.com
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Rekomendasi untuk Anda
Paling banyak dibaca hari ini