Per Oktober, Belanja Negara Tumbuh 0,8 Persen Capai Rp2.058,9 T

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan, realisasi belanja negara mencapai Rp2.058,9 triliun hingga bulan lalu. Nilai itu tumbuh 0,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Belanja negara itu tumbuh tipis dibandingkan tahun lalu," bebernya dalam Konferensi Pers APBN KiTa, Jakarta, Kamis (25/11).

Bendahara Negara ini merinci, berdasarkan komposisinya belanja kementerian/lembaga tumbuh sebesar 14,8 persen. Alokasinya untuk belanja modal utamanya proyek infrastruktur, belanja barang meliputi vaksinasi hingga klaim perawatan, kemudian membiayai penyaluran beragam bantuan sosial.

Komposisi selanjutnya ialah belanja non Kementerian/lembaga. Meliputi pembayaran manfaat pensiun, subsidi energi dan pupuk, serta program pra-kerja.

Kemudian, Transfer ke Daerah dan Dana Desa tumbuh -7,9 persen. Sri Mulyani menyebut, saat ini, beberapa Pemda belum memenuhi atau belum menyampaikan laporan syarat alur.

Terakhir, pembiayaan investasi yang tumbuh mencapai 234,1 persen. "Di antaranya pencairan investasi untuk LMAN, pembangunan rumah sakit darurat, pinjaman PEN daerah, dan dana kerja sama pembangunan internasional," tutupnya. [azz]

Artikel Asli
Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 20:17 PM
Sumber: merdeka.com
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Rekomendasi untuk Anda
Paling banyak dibaca hari ini