Pentingnya Memperingati Hari Kavaleri TNI pada Tanggal 09 Februari 2024, Simak Sejarah dan Arti Semboyan Kavaleri untuk Negara Indonesia

Friday, 19 January 2024
Pentingnya Memperingati Hari Kavaleri TNI pada Tanggal 09 Februari 2024, Simak Sejarah dan Arti Semboyan Kavaleri untuk Negara Indonesia
Pentingnya Memperingati Hari Kavaleri TNI pada Tanggal 09 Februari 2024, Simak Sejarah dan Arti Semboyan Kavaleri untuk Negara Indonesia

JemberNetwork.com – Hari Kavaleri TNI diperingati tanggal 09 Februari 2024. Pada umumnya, kavaleri merupakan pasukan kendaraan berlapis baja sejenis tank dan panser.

Arti penamaan ini awalnya mengacu pada pasukan berkuda. Sejarahnya Kavaleri Angkatan Darat muncul di masa perang kemerdekaan.

Satuan Kavaleri dibentuk pada tahun 1950 dengan nama Komando Berlapis Baja yang di bawah pimpinan Letkol Kav KGPH Soerjo Soejarso. Saat itu ia membawahi 4 eskadron Kavaleri di Bandung, Magelang, Palembang dan Medan.

Baca Juga: Sibuk Menjalani Hidup? Mari Rayakan Hari Kenangan Baik yang Jatuh pada Tanggal 19 Januari, Berikut Sejarah dan Cara Merayakannya

Eskadron Kavaleri tersebut dilengkapi dengan alat tempur utama, seperti kendaraan-kendaraan tempur eks KNIL seperti Ford Link, Humber Scout, Otter Body Car, Universal Carrier, dan Stuart.

Dikutip oleh JemberNetwork.com dari Akun Youtube Galih Permana Sidiq, Batalyon Kavaleri (Yonkav) tidak seperti batalion infanteri, batalyon kavaleri tidak selalu terdiri dari 600 hingga 1.000 orang. Ukuran batalion kavaleri ditentukan oleh jumlah kendaraan yang dimilikinya, seperti jumlah tank atau kendaraan lapis baja.

Kavaleri ini dikenal dari kendaraan yang dipakai di dalam peperangan yaitu kuda, karena awalnya Kavaleri merupakan pasukan berkuda di dalam pertempuran.

Seiring perkembangan zaman, korps kavaleri dibekali oleh kendaraan tempur seperti Tank, Panser, dan lainnya.

 Baca Juga: Jangan Asal Minum Obat! Peringatan Hari Persatuan Farmasi Indonesia 13 Februari 2024, Simak Cara Agar Tahu Dosis dan Resep Minum Obat yang Tepat

Peristiwa yang menjadi terbentuknya korps kavaleri adalah Pertempuran di Surabaya pada bulan November 1945 yang melibatkan beberapa pemuda Indonesia.

Pada saat itu para pejuang telah menggunakan beberapa Ranpur Panser hasil rampasan dari Jepang, Belanda dan Inggris untuk melawan pasukan Sekutu.

Berikut ini adalah daftar satuan batalyon kavalerj yang ada di Indonesia:

Baca Juga: Keren dan Informatif, Inilah 10 Twibbon Untuk Menyemarakkan Hari Pejalan Kaki Nasional, Download Secara Gratis Disini!

  1. Batalyon Kavaleri 1/Badak Ceta Cakti, Yon Kav 1/Tank
  2. Batalyon Kavaleri 2/Turangga Ceta, Yon Kav 2/Tank
  3. Batalyon Kavaleri 3/Andhaka Cakti, Yon Kav 3/Tank
  4. Batalyon Kavaleri 4/Kijang Cakti, Yon Kav 4/Tank
  5. Batalyon Kavaleri 5/Dwipangga Ceta, Yon Kav 5/Serbu
  6. Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata, Yon Kav 6/Serbu
  7. Batalyon Kavaleri 7/Pragosa Satya, Yon Kav 7/Panser Khusus
  8. Batalyon Kavaleri 8/Narasinga Wiratama, Yonkav 8/Tank
  9. Batalyon Kavaleri 9/Satya Dharma Kala, Yon Kav 9/Cobra
  10. Batalyon Kavaleri 10/Mendagiri, Yonkav 10/Serbu
  11. Batalyon Kavaleri 11/Macan Setia Cakti, Yon Kav 11/Serbu
  12. Batalyon Kavaleri 12/Beruang Cakti, Yonkav 12/BC
  13. Batalyon Kavaleri 13/Satya Lembuswan, Yon Kav 13/Serbu

 Baca Juga: Mengenang Sejarah Pilu Dibalik Hari Pejalan Kaki Nasional yang Jatuh Pada 22 Januari, Ada Tragedi Menyedihkan Dibaliknya

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: jember.jatimnetwork.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini