Pengamat Nilai Prabowo-Gibran Paling Sering Absen Debat: Jangan Beli Kucing dalam Karung

Tuesday, 28 November 2023
Pengamat Nilai Prabowo-Gibran Paling Sering Absen Debat: Jangan Beli Kucing dalam Karung
Pengamat Nilai Prabowo-Gibran Paling Sering Absen Debat: Jangan Beli Kucing dalam Karung



INDONESIATODAY.CO.ID - Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies atau IPS Nyarwi Ahmad menilai absennya Prabowo-Gibran dalam sejumlah dialog publik bisa jadi sebuah strategi. Pasangan nomor urut dua itu menjadi pasangan calon paling sering absen dialog publik, disusul Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin.


Nyarwi mengatakan, perlu dilihat dulu data seberapa besar pemilih tertarik kepada capres-cawapres yang paling aktif dalam debat. "Jangan-jangan Prabowo-Gibran punya data mayoritas pemilih, khususnya pemilih gen z, gen alpha, dan mllenial itu enggak tertarik dengan debat," ucapnya melalui sambungan telepon, Ahad, 26 November 2023.


Jika Prabowo-Gibran memandang debat hanya seremonial demokrasi, Nyarwi mengatakan mereka bisa jadi tidak menganggapnya penting. "Tidak ada manfaatnya untuk menambah suara atau memperluas basis dukungan," ujar dosen Komunikasi Politik Universitas Gadjah Mada itu.


Namun, menurut Nyarwi, seni dalam demokrasi itu kan pada akhirnya persuasi. Artinya, pemilih menentukan pilihan berdasarkan persuasi para capres-cawapres. "Capres-cawapres lho ya, bukan buzzernya atau sekadar timnya. Aktor utamanya itu capres-cawapres," ucapnya.


Capres-cawapres, menurut Nyarwi, hendaknya menyampaikan visi-misi dengan betul-betul isinya. "Sehingga muncul, dulu kan ada istilah kita jangan membeli kucing dalam karung," ucapnya. Artinya, pemilih mengetahui persis gagasan itu original muncul dari refleksi capres-cawapres, meski dibantu oleh tim.


Nyarwi mengatakan, para pemilih berhak untuk tidak tertarik dengan debat dan persuasi dalam proses demokrasi. "Tapi sayang sekali kalau misalnya debat-debat atau diskusi itu hanya dianggap ritual yang tidak berguna," ujarnya.


Sebelumnya, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia atau Walhi mengadakan dialog para capres pada Sabtu, 25 November 2023. Namun, hanya Anies yang datang memberi paparan dalam kegiatan yang membahas isu lingkungan tersebut. Prabowo dan Ganjar dikatakan tidak hadir karena ada agenda di tempat lain.


Tak hanya itu, tagar PrabowoGibranTakutDebat menjadi trending topic di media sosial X (dulu Twitter) pada Kamis, 23 November 2023. Tagar itu muncul setelah Gibran batal menghadiei dalam acara Dialog Publik PP Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jumat, 24 November 2023.


Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid mengatakan pasangan tersebut berbagi tugas untuk menghadiri dua acara penting berbeda secara bersamaan. "Prabowo dan Gibran berbagi tugas,” kata dia, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 24 November 2023.


Sumber: tempo

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler