Pemkot Yogyakarta Menargetkan Jumlah Cadangan Beras Terpenuhi di 2024

Tuesday, 9 January 2024
Pemkot Yogyakarta Menargetkan Jumlah Cadangan Beras Terpenuhi di 2024
Pemkot Yogyakarta Menargetkan Jumlah Cadangan Beras Terpenuhi di 2024

indonesiatoday.co.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menargetkan jumlah cadangan beras bisa terpenuhi pada tahun 2024. Untuk itu Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta akan menambah cadangan beras sekitar 55 ton pada tahun ini.

Penambahan cadangan beras tersebut akan memenuhi target jumlah cadangan pangan pemerintah daerah.

"Tahun 2024 akan ada tambahan pengadaan cadangan pangan beras sebanyak 55 ton," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sukidi, Senin 8 Januari 2024.

Baca Juga: Persoalan yang Dihadapi Petani Sama, Ganjar: Sulit Air dan Pupuk Mahal

Sukidi mengakui, penambahan cadangan pangan beras Pemkot Yogyakarta pada tahun 2024 meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu.

Pemkot Yogyakarta mencadangkan beras sekitar 18 ton pada tahun 2023. Penambahan cadangan beras yang signifikan itu untuk memenuhi target cadangan pangan yang telah ditetapkan minimal sekitar 120 ton.

"Betul, agar segera sesuai dengan target. Prinsipnya kalau cadangannya banyak di awal, lebih nyaman, lebih menentramkan dan lebih siap untuk membantu jika dibutuhkan," terangnya.

Baca Juga: Mulai 1 Januari 2024, Vaksin Covid-19 Tetap Gratis untuk Kelompok Ini

Ia menyebut dengan tambahan cadangan beras 55 ton pada tahun ini, jumlah cadangan pangan Pemkot Yogyakarta menjadi 120,05 ton.

Jumlah cadangan beras itu sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 24 Tahun 2016 tentang cadangan pangan pemerintah daerah, dan Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 22 tahun 2019 tentang cadangan beras Pemkot Yogyakarta.

"Ploting di DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) SKPD Dinas Pertanian dan Pangan, realisasinya (cadangan beras) di bulan Mei 2024," imbuh Sukidi.

Baca Juga: Tanggulangi Sampah, Eko Suwanto: Tahun 2024 Alokasi Danais Rp4,5 Miliar, Hibah Senilai Rp100 Juta Per Kelurahan

Sukidi menyatakan, pengadaan cadangan pangan beras 55 ton menggunakan APBD Murni Kota Yogyakarta. Alokasi anggaran beras cadangan Rp12.000/kilogram dengan jenis beras kualitas medium.

Selama ini Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta mengandalkan beras dari Purworejo, Delanggu, Klaten, Sragen dan Kulonprogo untuk kebutuhan cadangan beras.

Pengadaan cadangan beras untuk mendukung penyediaan beras pemerintah daerah dalam menghadapi keadaan darurat, bencana alam, rawan pangan dan gejolak harga. Hal tersebut mengacu Perwal Nomor 22 Tahun 2019 tentang cadangan beras Pemkot Yogyakarta.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: pojokmalioboro.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini