Pemkot Kediri Gelar Seminar Peningkatan Kapasitas Perempuan dalam Politik dan Hukum

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Pemkot Kediri Gelar Seminar Peningkatan Kapasitas Perempuan dalam Politik dan Hukum

KEDIRI (INDONESIATODAY.CO.ID) – Pemkot Kediri melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) berupaya meningkatkan kapasitas perempuan dalam organisasi. Upaya tersebut dilakukan melalui seminar di Ruang Joyoboyo Balaikota Kediri, Senin (21/11/2022).

Kegiatan itu mengingat partisipasi perempuan di semua sektor sangat dibutuhkan sebagai wujud keterlibatan perempuan dalam pembangunan serta sebagai upaya pengarusutamaan gender.

Mengangkat tema peran penting perempuan dalam politik dan hukum, kegiatan yang diselenggarakan ini diikuti peserta dari berbagai organisasi perempuan seperti PKK, GOW serta kader perempuan dari partai politik.

Para peserta memperoleh materi seputar politik dan hukum dari dua narasumber yang handal dan bekompeten yaitu Nia Sari, Komisioner KPU Kota Kediri dan Dijan Novia Sari, dosen sekaligus pegiat partisipasi perempuan dalam masyarakat.

Sumedi, Kepala DP3AP2KB, mengatakan saat ini peran perempuan dan laki-laki sudah seimbang, baik di bidang politik, hukum, ekonomi dan sebagainya. Ditambahkan, kesetaraan gender sudah terjadi di tatanan masyarakat dan jajaran birokrasi.

“Nanti dari narasumber akan menjelaskan bagaimana peran wanita di dalam urusan politik dan hukum. Dengan berbagai basic yang sudah panjenengan miliki, ditambah memperoleh materi dari sini inshaAllah ke depan akan lebih meningkat baik dari segi wawasan, pengetahuan dll, sehingga panjenengan bisa semakin maju dan menjadi motivasi kita untuk mendarmabaktikan diri pada nusa dan bangsa khususnya di Kota Kediri,” terangnya.

Melalui kegiatan ini, Sumedi berharap akan muncul Srikandi – srikandi yang akan menjadi calon pemimpin di Kota Kediri baik di bidang pendidikan, ekonomi atau dalam usaha sendiri. Menurutnya, perempuan memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan guna memajukan suatu organisasi.

Selain itu, perempuan memiliki nilai lebih dalam hal kecerdasan, kreativitas serta ketelitian. “Semoga semua wanita, utamanya sebagai anggota organisasi dapat mengambil peran bersama dengan pemerintah dan keikutsertaan dalam membina lingkungan masyarakat,” tuturnya.

Di sela-sela kegiatan, para peserta juga dilibatkan dalam pengisian quesioner terkait pengetahuan seputar politik dan hukum.(*)

Reporter: Gatot Sunarko | Editor : Lutfiyu Handi

Sumber : lenteratoday.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini