Pemkab Pemalang Serahkan Hibah RMU dan Alsintan Kepada Sejumlah Kelompok Tanii

Thursday, 28 December 2023
Pemkab Pemalang Serahkan Hibah RMU dan Alsintan Kepada Sejumlah Kelompok Tanii
Pemkab Pemalang Serahkan Hibah RMU dan Alsintan Kepada Sejumlah Kelompok Tanii

ERAPOS ONLINE - Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang menyerahkan hibah Rice Milling Unit (RMU) dan Alat Mesin Pertanian (alsintan) kepada sejumlah kelompok tani penerima, bertempat di Desa Tegalmlati, Kecamatan Petarukan, Kamis (28/12/2023).

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Ahmad Helmi melaporkan bahwa hibah Rice Milling Unit (RMU) ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Tahun 2023. Kelompok tani (Poktan) penerima hibah RMU tersebut, diantaranya Poktan Sri Bekti dari Desa Tegalmlati, Poktan Harapan Maju (Desa Serang), Poktan Rukun Tani (Desa Wisnu), dan Poktan Adil Dua (Desa Bulakan).

"Kemudian Alsintan yang diterimakan hari ini, yang pertama Combain Harvester atau mesin pemanen otomatis yang merupakan anggaran belanja tambahan APBN Tahun 2023," ujarnya.

Baca Juga: Dankodiklatal Didampingi Asintel dan Aster Panglima TNI Mewakili Panglima TNI Hadiri Deklarasi Pemilu Damai di Surabaya

Alsintan ini akan diserahkan kepada Poktan Suka Tani dari Desa Kendalrejo untuk Combain type BIMO 102 dan Poktan Ceberung Barat dari Desa Tegalsari Timur (Combain BIMO 110).

Selain Combain, alsintan lainnya yang akan diserahkan berupa traktor roda dua. Penerimanya yakni Poktan Sri Gadis dari Desa Kendalrejo dan Poktan Ceblung Barat dari Desa Kendaldoyong.

Penyerahan hibah RMU dan alsintan ini secara simbolis dilakukan oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat kepada kelompok tani tersebut.

Baca Juga: MUI Beri Edukasi Kepada Remaja Subah Guna Cegah Pernikahan Dini

Dalam sambutannya, Bupati Pemalang Mansur Hidayat berharap agar kelompok tani penerima hibah RMU dan alsintan ini dapat merawatnya dengan baik. Dia khawatir jika tidak dirawat dengan baik maka bantuan tersebut akan rusak.

"Mungkin harus ada biaya perawatan nggih. Mungkin sewa atau apa, terserah nanti kelolanya sama kelompok tani, biar nanti ada biaya untuk perawatan. Kalau gak begitu yang ngerawat gak ada dananya, terus habis gitu mangkrak. Terus kena hujan, karatan, rusak," tandasnya.

Adapun dalam kegiatan tersebut, Bupati Mansur Hidayat juga meresmikan bangunan RMU Poktan Sri Bekti, ditandai dengan pengguntingan untaian pita. Setelah itu, dianjutkan dengan meninjau mesin penggiling padi di RMU tersebut.

Sebagai informasi, RMU ini dibangun secara swakelola dengan anggaran senilai Rp200 juta. Anggaran tersebut bersumber dari DAK tahun 2023. 

Penulis : Urip Mulyanto

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: era-pos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini