Panutan Nih! Suporter Jepang Bersihkan Sampah Usai Laga Piala Dunia 2022

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Panutan Nih! Suporter Jepang Bersihkan Sampah Usai Laga Piala Dunia 2022

DOHA (INDONESIATODAY.CO.ID)-Suporter Jepang melakukan memunguti sampah usai menonton laga pembuka Piala Dunia 2022 antara Qatar vs Ekuador. Video aksi terpuji tersebut diunggah oleh pemilik akun Majefairi. Dikutip Selasa (22/1//2022), dalam videonya dia menyebut budaya seperti itu patut dicontoh oleh semua suporter di seluruh penjuru dunia.

Kebiasaan tersebut sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa pun tak mengenal latar belakang mereka.”Kamu tidak harus menjadi seorang muslim untuk membersihkan sampah di belakangmu. Lihatlah perilaku luar biasa dari penggemar Jepang ini. Mereka membersihkan stadion di belakang mereka bahkan ketika tidak ada yang cocok. Wow. Salut Jepang,” tulisnya. Aksi fan Jepang terekam seusai pertandingan perdana di Stadion Al-Bayt, Al-Khor, Minggu (20/11/2022) lalu.

Tindakan tersebut pun mendapat apresiasi dari suporter tuan rumah yang kala itu juga berada di stadion. Menariknya, para fan Jepang pada saat melakukan aksinya tersebut tak ingin disorot kamera, sebab menurut mereka membersihkan suatu tempat sudah bagian dari budaya mereka untuk menghormati.”Kami [fan Jepang] tak pernah meninggalkan sampah. Kami [selalu] menghormati setiap tempat,” ucap seorang fan Jepang.

Ketulusan fan Jepang serta kepedulian mereka terhadap kebersihan lingkungan sebetulnya sudah berulang kali dibuktikan. Pasalnya, pada Piala Dunia 2018 lalu kala Jepang bersua Belgia di 16 besar mereka juga melakukan aksi serupa dengan membersihkan Stadion Rostov Arena dari sampah.

Pada Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis, fan Jepang juga mengulangi aksi baiknya dengan memungut sampah yang ada di Stadion Roazhon Park, Rennes. Kala itu Timnas Jepang berhasil mengalahkan Skotlandia dengan skor 2-1 pada matchday kedua Grup D.

“Anda sering mendengar orang mengatakan bahwa sepak bola adalah cerminan dari budaya. Aspek penting dari masyarakat Jepang adalah memastikan semuanya benar-benar bersih dan itu berlaku di semua acara olahraga dan tentunya juga di sepak bola,” ujar jurnalis sepak bola Jepang, Scott Mclntyre kepada BBC Sport.(*)

Sumber:BBC Sport,ist | Editor: Widyawati

Sumber : lenteratoday.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini