Pantau Arus Jelang Libur Nataru, Polisi Pasang 3 Camera Traffic Counting di Jalur Puncak Bogor

Wednesday, 20 December 2023
Pantau Arus Jelang Libur Nataru, Polisi Pasang 3 Camera Traffic Counting di Jalur Puncak Bogor
Pantau Arus Jelang Libur Nataru, Polisi Pasang 3 Camera Traffic Counting di Jalur Puncak Bogor

indonesiatoday.co.id - Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2024 atau Nataru, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor akan pasang 3 camera Traffic Counting di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor guna memantau arus lalu lintas.

"Kalau untuk kamera itu ada di dua tempat di Gadog dan Simpang Taman Safari. Kemudian ada di sekitar Megamendung," kata KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto pada Rabu, 20 Desember 2023.

Ardian menjelaskan dalam pemasangan camera Traffic Counting, Satlantas Polres Bogor juga menggandeng BPTJ dan Dishub.

Baca Juga: Ravindra Airlangga Dorong Budidaya Cabai di Pekarangan dan Pembiayaan Closed Loop

"Untuk kamera traffic counting itu kami sudah berkordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dari kementrian perhubungan dan dinas perhubungan provinsi Jawa Barat,”jelasnya.

Menurut Ardian dengan terpasangnya camera Traffic Counting nantinya akan mempermudah proses monitoring pihak kepolisian guna mengantisipasi situasi yang terjadi.

"Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat (Dishub Jabar) itu akan memasang kamera untuk mengetahui jumlah kendaraan, peningkatan arus itu sendiri dan untuk membaca cuaca,” tandasnya.

Baca Juga: Jadikan Sholat Bahan Candaan, Ketum PAN Zulkifli Hasan bakal Dipolisikan

Sebelumnya, Satlantas Polres Bogor akan menerapkan 3 macam rekayasa lalu lintas di Jalur Puncak yang akan diberlakukan selama liburan berlangsung.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto mengatakan penerapan rekayasa lalu lintas ini akan dilakukan di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor mulai Jumat, 22 Desember 2023 hingga Selasa, 2 Januari 2024 mendatang.

"Yang pertama menerapkan rakayasa lali lintas sistem ganjil-genap yang biasa kita lakukan di Jalur Puncak sesuai dengan amanah Permenhub no 84 tahun 2001,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto pada Rabu, 20 Desember 2023.

Baca Juga: Para Fans Tidak Senang Dengan Karakter Zhen di Kung Fu Panda 4

Tidak hanya penerapan ganjil-genap (gage) tang akan dilakukan melainkan akan ada Contra flow dan rekayasa one way yang juga akan diberlakukan guna meminimalisir terjadinya penumpukan volume kendaraan.

"Jadi yang pertama (gage) untuk mengantisipasi seiring dengan tanggal 22 sudah dimulai dengan operasi lilin. Tentunya kekuatan personel kan bertambah yaitu adanya pos pengamanan pada saat libur nataru,” jelasnya.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: metropolitan.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini